Zakat Uang Meningkat Rp 273 Juta

= H Darul Maukub Sag===

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Zakat Fitrah berbentuk uang tunai yang dibayarkan masyarakat Lebong di tahun 1440 Hijriah mengalami peningkatan sebesar Rp 273 juta. Jumlah tersebut, jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana untuk tahun ini terkumpul sebesar Rp 574 juta, sementara tahun lalu sebesar Rp 301 juta.Dikatakan Kasi Binaan Masyarakat (Binmas) Islam Kemenag Lebong, H Darul Maukub SAg, jumlah zakat fitrah berupa uang tunai dan beras sendiri berdasarkan hasil laporan yang disampaikan oleh seluruh Penyuluh Agama Honorer (PAH) yang sebelumnya melakukan pendataan.



“Total tersebut hasil pendataan PAH yang tersebar di seluruh Kecamatan (12 Kecamatan) yang ada di Kabupaten Lebong,” jelasnya, kemarin (18/06).

Meningkatnya jumlah pembayar zakat fitrah pada tahun 1440 H tahun ini, menunjukan bahwa tingkat perekonomian masyarakat muslim di Kabupaten Lebong juga mengalami peningkatan. Sehingga masyarakat yang sebelumnya belum atau tidak membayar zakat, di tahun ini melakukan pembayaran.“Kita berharap kedepan masyarakat yang membayar zakat terus meningkat,” harapnya.

Untuk zakat fitrah berbentuk beras untuk tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 71.795 kilogram (kg) untuk tahun ini. Sementara di tahun sebelumnya sebanyak 139.001 Kg.  Selain itu, di tahun 1440 H ini jumlah pemberi zakat untuk di Kabupaten Lebong juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dimana untuk tahun ini jumlah pemberi zakat berjumlah 47.864 jiwa, naik sebanyak 8.530 jiwa dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 39.334 jiwa.  (614)