Zakat Fitrah Kaur, Rp 43 Ribu, Terendah Rp 25 Ribu

RAPAT: Kemenag Kaur bersama MUI dan instansi terkait saat menggelar penentuan zakat fitrah Kabupaten Kaur tahun 2021, Rabu (21/4).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Memasuki hari ke-9 Ramadan 1442 H/2021 M, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kaur telah menetapkan kadar Zakat Fitrah tahun 1442 H atau pada tahun 2021 ini, dengan 3 kategori. Dimana tertinggi sebesar Rp 43 ribu, menengah Rp 30 ribu dan terendah Rp 25 ribu, dan dalam bentuk beras sebanyak 2,5 kilogram perjiwa.

Keputusan ini ditetapkan setelah menggelar rapat penetapan yang melibatkan pihak terkait seperti, MUI Kaur, Kabag Kesra, Baznas, Kepala Madrasah dan kepala KUA Se-Kecamatan Kaur dan Prindagkop Kaur di aula kantor Kemenag Kaur, Rabu (21/4).

“Zakat Fitrah yang kita tetapkan berdasarkan survei standar harga beras yang biasa dikonsumsi masyarakat Kaur. Untuk yang biasa mengkonsumsi beras terbaik, tentu zakat fitrahnya yang tertinggi. Begitu juga untuk yang menengah dan terendah,” kata Kepala Kemenag Kaur, Mansyahri SAg MHI saat memimpin rapat penentuan Zakat Fitrah, Rabu (21/4).

Dikatakan Mansyahri, dengan penetapan Zakat Fitrah ini, artinya besaran Zakat Fitrah tahun ini naik Rp 3 ribu dibanding tahun sebelumnya. Dimana tahun lalu Zakat Fitrah tertinggi Rp 40 ribu. Meskipun pihaknya telah menentukan nilai rupiah Zakat Fitrah yang harus dibayarkan, masyarakat tetap boleh membayar Zakat Fitrah dengan beras.

“Zakat ini boleh dibayar pakai uang dan juga boleh dibayar dengan menggunakan beras, kedua-duanya tetap sah-sah saja,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk masyarakat ingin membayar Zakat Fitrah dengan uang tunai sebagai pengganti beras, harga bervariasi sesuai beras yang biasa dikonsumsi wajib Zakat Fitrah. Beras berkualitas rendah Rp 25 ribu dan beras berkualitas sedang Rp 30 ribu. Serta beras berkualitas tinggi Rp 43 ribu. Penetapan uang tunai sebagai pengganti beras. Hal ini berdasarkan harga beras di pasaran dari harga tertinggi sampai ke harga beras terendah. Selain itu, penetapan berdasar daftar harga rata-rata beberapa harga bahan pokok pangan di Kaur.

“Zakat Fitrah menjadi tiga kategori, untuk beras jenis mangis dan sejenisnya itu Rp 43 ribu, beras jenis IR dan senjinsnya Rp 30 ribu dan beras raskin dan senjisnya Rp 25 ribu,” terangnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemda Kaur Robi Antomi SPi yang hadir dalam rapat tersebut menyampaikan, dengan telah ditetapkannya besaran zakat fitrah tahun 2021 ini. Ia mengimbau kepada kaum muslimin di Kaur dan sekitarnya, untuk mengeluarkan zakat fitrah agar sedini mungkin tanpa harus menunggu diakhir bulan Ramadan.

“Ini dimaksudkan untuk memudahkan Badan Amil Zakat (BAZ) atau Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan sejenisnya untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat fitrah tersebut,” tandasnya.(618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*