Zainal Abidin Diduga Menderita Leukimia

Sejauh ini penyakit yang diderita Drs. H. Zainal Abidin belum diketahui pasti.  Beberapa tetanga beliau yang BE temui, menyatakan beliau kecapean sepulang dari China.  Sebagian lagi menyatakan serangan jantung.  Namun sumber lainnya menyatakan bahwa mantan Sekretaris DPRD Provinsi Bengkulu tersebut menderita sakit leukimia atau kanker darah.

Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan mantan Ketua BKPMD Provinsi Bengkulu, Drs. Musiar Danis, M.Si kepada BE. Menurut beliau, informasi yang ia dapat penyakit yang diderita oleh almarhum adalah leukimia atau kanker darah. Penyakit tersebut juga baru diketahui oleh almarhum beberapa waktu terakhir ini.  ”Almarhum baru tahu dirinya menderita leukimia. Hal itu yang menyebabkan, kesehatan beliau langsung drop,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu ini.

Salah seorang tetanga beliau, Drs Husni Hasanudin juga menyatakan hal yang sama. ”Aku idak paham nian, almarhum itu sakit apo. Informasinya leukimia,” tutur pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi Bengkulu.

Leukemia atau yang lebih dikenal sebagai kanker darah adalah salah satu jenis penyakit kanker. Leukemia disebabkan karena meningkatnya jumlah sel darah putih dalam darah atau sumsum tulang.

Karena jumlahnya yang meningkat,  sel-sel darah putih yang sebetulnya tidak normal tersebut menggantikan sel darah yang normal. Ketidaknormalan ini membuat fungsi sel terganggu.

Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penderita leukemia harus segera diobati. Sebab jika tidak, penderita bisa tidak tertolong.

Leukemia mampu “membunuh” penderitanya hanya dalam hitungan minggu atau bahkan hanya dalam beberapa hari. Inilah yang dikenal sebagai leukemia akut.(**)