Yuk Habiskan Waktu Berlibur ke Destinasi Wisata Bukit Makmur

RINA/BE
Pesona wisata bukit makmur menarik perhatian pengunjung dengan keindahan alam yang ada disekelilingnya

BENGKULU UTARA, BE – Wisata bukit makmur merupakan destinasi wisata yang tak kalah menarik dari tempat wisata lainnya yang ada di Bengkulu. Pesona wisata bukit makmur menarik perhatian pengunjung dengan keindahan alam yang ada disekelilingnya. Wisata ini merupakan tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga dan orang tersayang.
Wisata bukit makmur merupakan tempat wisata yang baru dibuka kembali sejak tahun baru 2021 setelah tutup selama 1 tahun karena pandemi Covid-19. Kawasan wisata ini berada di Jalan Pemuda, Desa. Bukit Makmur, Kecamatan Pinang Raya, Kabupaten Bengkulu Utara.
Ketua Bumdes Makmur Lestari Cintra (43) mengatakan, wisata ini dikelola oleh seluruh masyarakat sebanyak 30 RT yang ikut serta dan berpartisipasi dalam mengelola tempat wisata bukit makmur. Semua masyarakat terlibat dimulai dari penanaman bunga, mengelola fasilitas, kuliner UMKM, dan petugas parkir.


“Fasilitas disini ada kano, sepeda dayung, flying fox,” terangnya kepada BE, Minggu (14/2/2021).
Wisata ini buka setiap hari Senin sampai Jum’at mulai pukul 13.00 sampai pukul 17.00, hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 09.00 sampai pukul17.00 WIB. Untuk memasuki wisata ini cukup membayar uang parkir, untuk motor Rp 2.00,- dan mobil Rp 5.00,- dengan waktu yang tidak ditentukan.
Ada beberapa jenis fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung diantaranya menawarkan permainan kano, permainan sepeda dayung, flying fox, mushola, toilet, kuliner, tempat foto selfie, dan bisa juga memberi makan ikan yang ada di kolam. Untuk kano hanya mengeluarkan biaya sebesar 10 ribu, untuk sepeda dayung 10 ribu, flying fox 20 ribu dan memberi makan ikan sebesar 5 ribu.
“Ya untuk kedepannya mungkin akan nambah lagi kolam berenang dan permainan bebek itu,” jelasnya.
Wisata ini memang sudah lama dibuka sejak sebelum pandemi. Untuk menghidupkan kembali wisata ini semua dikelola secara maksimal, salah satunya adalah fasilitas. Wisata bukit makmur ini akan segera membuka fasilitas kolam berenang yang memang sudah ada sejak lama. Tidak hanya kolam berenang, namun permainan seperti bebek-bebekan pun akan segera ada.
“Dulu sekali kolam ini memang sudah ada ikannya, terus sekarang ditambah lagi,” tuturnya.
Tidak hanya malihat permainan, tetapi anak-anak bahkan orang tua bisa melihat banyaknya ikan nila dan ikan emas di pinggir kolam. Bibit ikan nila yang dibesarkan dalam kolam sebanyak 100 ribu ekor yang diberikan oleh Dinas Perikanan.
Ikan-ikan tersebut bisa membuat suasana pengunjung menjadi terhibur saat muncul di pinggir kolam. Setelah selesai bermain, pengunjung juga bisa menyumbangkan suara dengan alat bernyanyi yang sudah tersedia di wisata ini.
“Sebelum memasuki tempat wisata ya tetep wajib pakai masker dan sebagainya. Diatas juga udah disediakan masker,” terangnya.
Tidak dibatasi berapa banyak pengunjung yang datang. Namun masa pandemi ini masih belum berakhir sehingga pengunjung yang datang pun harus mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
Seluruh masyarakat di Pinang Raya ini ikut mempromosikan tempat wisata ini malalui media sosial seperti facebook, instagram, dan whatsapp. Pengunjung yang datang pun ada yang dari Curup, Palembang dan Kota Bengkulu karena penasaran dengan indahnya wisata bukit makmur ini.
Harapan kedepannya semoga wisata ini tetap terjaga keindahannnya, kenyamanannya sehingga pengunjung semakin banyak yang datang untuk menikmati dan menghabiskan waktu di temapat wisata ini.(Mg.4)