Wujudkan Ketahanan Pangan

APRIZAL/Bengkulu Ekspress Kepala DTPHP Bengkulu Utara, Kuasa Barus SPt saat menyampaikan arahan kepada seluruh peserta penyuluh pertanian Kabupaten Bengkulu Utara, kemarin.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menggelar pertemuan dengan seluruh penyuluh pertanian se-Kabupaten Bengkulu Utara di Balai Pertemuan Ratu Samban Arga Makmur, kemarin (20/3). Pertemuan tersebut untuk meningkatkan peran penyuluhan dalam menyukseskan program pembangunan pertanian tahun 2019 (Program Pajale dan Program Sapi Induk Wajib Bunting.

Kepala DTPHP Kabupaten Bengkulu Utara, Kuasa Barus SPt ketika ditemui usai pertemuan tersebut mengatakan, pertemuan dengan seluruah anggota penyuluhan pertanian ini untuk meningkatkan kinerja penyuluhan Kabupaten Bengkulu Utara guna menyukseskan program pembangunan pertanian tahun 2019, yang tangguh untuk pemantapan ketahanan pangan, peningkatan nilai tambah dan daya saing produk pertanian serta peningkatan kesejahteraan petani.

“Pertemuan ini untuk meningkatkan kinerja penyuluhan Kabupaten Bengkulu Utara, dalam menyukseskan program pembangunan pertanian tahun 2019,” kata Barus.

Ia menambahkan, penyuluh pertanian sebagai organ terdepan yang langsung berhadapan dengan masyarakat pedesaan, memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam rangka menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara.



“Oleh sebab itu, kita lakukan pertemuan untuk meningkatkan kapasitas penyuluh melalui revolusi mental dalam melaksanakan tugas dan fungsi penyuluhan mendukung pertanian berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten III Drs Ramadanus SE, menyampaikan, keberadaan para penyuluh pertanian lapangan memiliki peran yang sangat sentral dan strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Bengkulu Utara. Dengan adanya ketahanan pangan berbasis sumber daya lokal, petani dan masyarakat akan diuntungkan karena tidak perlu lagi mengimpor pangan dari luar daerah, dengan harapan Kabupaten Bengkulu Utara akan menjadi lumbung pangan di Provinsi Bengkulu.  “Harapan pemerintah daerah dengan pertemuan ini para penyuluh sekalian dapat memberikan hasil yang optimal dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera melalui pertanian,” tukasnya.(127)