Wujudkan IAIN Jadi UIN

MC/BE PAPARKAN: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Rektor IAIN Bengkulu, Prof Dr H Sirajuddin saat memaparkan pesiapan IAIN jadi IUN kepada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Muhadjir Effendy.

 

BENGKULU, bengkuluekspres.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu Akan segera beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Rektor IAIN Bengkulu, Prof Dr H Sirajuddin M MAg MH mengatakan, rencana digagaskanya IAIN menjadi UIN, sudah sejak lama. Hadirnya, presiden Joko Widodo ke Bengkulu, menjadi harapan segara, untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kami mohon doa dan dukungannya,” ujar Sirajuddin.

Berkenaan dengan Nama Fatmawati Soekarno jika, saat pihak keluarga dan yayasan telah menyetujui nama tersebut, ketika IAIN telah menjadi UIN.

“Untuk nama UIN Fatmawati Soekarno Alhamdulillah sudah mendapat persetujuan dari Yayasan Fatmawati Soekarno. Bahkan Pihak Yayasan Fatmawati Soekarno sendiri dalam suratnya telah merekomendasikan pengunaan nama Fatmawati Soekarno sebagai nama UIN Bengkulu,” tambahnya.

Pemerintah daerah untuk sementara sudah mendukung penuh atas peralihan tersebut. Karena semua ini untuk kemajuan Provinsi Bengkulu. Tinggal lagi menunggu Keputusan Presiden (Keppres) yang akan dikeluarkan oleh Joko Widodo.

“Mudah-mudahan bisa dipercepat,” tegas Sirajuddin.

Alasan penggunaa nama Ibu Fatmawati Soekarno. Karena yang pertama sebagai bentuk penghargaan untuk Ibu Fatmawati Soekarno dan juga masyarakat Bengkulu. Nilai sejarahnya juga menjadi tolak ukur. Karena Fatmawati Soekarno adalah putri asli Bengkulu, yang juga menjahit Sangsaka Merah putih. Fatmawati sendiri sudah dikukuhkan sebagai pahlawan nasional. (151/Diskominfotik)