Wisata Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

ekonomi-inflasi
Foto : IST

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), terus melakukan penataan dan pengembangan destinasi seluruh obyek wisata di daerah tersebut. Pasalnya, jika wisata yang ada dapat dikembangkan dengan baik, akan berdampak positif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui bidang perdagangan dan lainnya.

“Kami targetkan objek wisata yang ada di daerah ini memberikan nilai positif bagi masyarakat. Selain memberikan kesadaran bagi masyarakat tentang pentingnya pariwisata,” sampai Kepala Disparpora Kabupaten Mukomuko, Apriansyah.

Untuk menjadikan obyek wisata memiliki nilai jual yang tinggi hingga mampu memancing wisatawan dari luar daerah dan luar datang ke daerah ini, katanya, memang tidak mudah. Perlu anggaran untuk melakukan penataan dan adanya upaya baik dari masyarakat maupun pemerintah melalui media promosi. Ia mengakui, kelemahan yang dihadapi hingga saat ini masih minimnya alokasi anggaran pengembangan dan penataan objek wisata.



“Minimnya alokasi anggaran salah satu kendala dalam pengembangan. Karena membutuhkan anggaran yang cukup besar,”bebernya.

Kendati demikian, jajarannya terus berupaya maksimal melakukan pengembangan dan penataan wisata yang ada di daerah ini dan dilakukan bertahap. Disparpora mencatat sebanyak 42 objek wisata ada di daerah itu,diantaranya objek wisata danau,air terjun dan pantai yang tersebar di belasan kecamatan di daerah tersebut.(900)