Wisata Alam dan Air yang Seru di Umbul Ponggok

IST

Kawasan wisata Umbul Ponggok adalah salah satu kawasan wisata bawah air yang berada di daerah Jawa Tengah. Lokasi wisata yang satu ini sering dijadikan sebagai tempat snorkeling. Karena terdapat berbagai ikan yang berwarna-warni, ditambah lagi terdapat kolam yang airnya sangat jernih sehingga sangat pas digunakan sebagai lokasi untuk diving juga.

Sekilas Mengenai Wisata Umbul Ponggok

Wisata Umbul Ponggok merupakan sebuah lokasi wisata yang berada di Kabupaten Klaten. Tempat ini disekelilingnya hanya terdapat banyak candi-candi bersejarah sehingga namanya lebih melegenda di bandingkan dengan Umbul yang satu ini. Namun bukan berarti tempat yang satu ini tidak memiliki arti di hati setiap pengunjungnya. Selalu ada cerita dari para pengunjung yang mempunyai pengalaman saat sedang berada di sana. Di tempat wisata ini pengunjung bisa menemukan sebuah tempat wisata yang kejernihan airnya mampu membuat setiap orang bisa dengan lepas melihat ikan berwarna-warni berenang kesana kemari.



Selain itu juga di Umbul Ponggok, Anda bisa melakukan foto underwater disana. Hal ini membuktikan jika tempat wisata ini mempunyai air yang sangat jernih sehingga tidak mengganggu pemandangan saat sedang dilakukan pengambilan gambar. Bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk berfoto, lokasi wisata yang satu ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk bersnorkeling hingga diving, banyak pengunjung yang menikmati kegiatan diving atau snorkeling disini karena tertarik untuk mengikuti berbagai ikan hias berenang bebas di bawah air.

Lokasi Wisata Umbul Ponggok

Tempat wisata Umbul Ponggok yang merupakan sebuah wisata bawah air ini terletak di Ponggok Lebih tepatnya di kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jika Anda mengetahui tempat wisata Kampung Flory yang berada di Sleman, tempat yang merupakan sebuah destinasi wisata mengenai edukasi yang menampilkan keindahan pemandangan dari tanaman hias serta wisata kuliner khas Jogjakarta maka jarak dari sana menuju ke Ponggok sekitar 50 kilometer atau sekitar satu setengah jam perjalanan.

Memang membutuhkan informasi jalan yang lebih lengkap untuk bisa mencapai lokasi Umbul Ponggok. Namun tenang saja, Anda dapat menggunakan aplikasi peta pada handphone Anda. Hingga kini tidak bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju lokasi wisata Ponggok. Sebab belum ada trayek resmi yang mampu menuju destinasi tersebut. Inilah yang menjadi kendala untuk bisa mencapai lokasi wisata yang satu ini, karena letaknya berada cukup jauh dari jalan penghubung Kota Solo dan Jogja. Meskipun demikian, akses yang akan dilewati menuju lokasi wisata relatif bagus yang mana telah terdapat banyak petunjuk jalan yang akan membantu memberikan panduan terhadap pengunjung yang ingin berlibur. Jadi, disarankan Anda berangkat menggunakan kendaraan pribadi bersama dengan keluarga maupun teman-teman sehingga bisa membawa Anda menuju lokasi wisata yang satu ini.

Fasilitas Wisata Umbul Ponggok

Di tempat wisata yang satu ini terdapat berbagai fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap mulai dari kolam renang, taman untuk bermain anak hingga penjual makanan pun bisa ditemukan disana. Inilah berbagai fasilitas yang bisa ditemukan saat berada di sana:

  • Ruang Ganti Dan Tempat Bersantai

Salah satu fasilitas yang wajib dimiliki oleh tempat wisata air adalah tempat untuk bersantai saat menunggu kerabat atau keluarga yang sedang berenang dan juga kamar untuk bisa berganti pakaian maupun mandi setelah selesai berenang. Oleh karena itu, Umbul Ponggok memiliki ruang ganti dan tempat bersantai yang memadai.

  • Tempat Ibadah

Untuk Anda umat muslim tidak perlu khawatir mencari tempat ibadah di saat waktunya shalat telah tiba. Di tempat ini terdapat tempat ibadah dengan peralatan yang disediakan di dalam mushola pun cukup lengkap sehingga bisa membantu kelancaran disaat sedang beribadah.

  • Menyewa Kamera

Daya tarik lain yang dimiliki oleh wisata ini ialah terdapat sesi foto di bawah air karena pihak pengelola pun menyediakan kamera khusus underwater. Untuk estimasi biaya penyewaan sekitar Rp.100.000,- per jam.

  • Paket Prewedding

Tidak jarang dari pengunjung ada yang menjadikan tempat ini sebagai area untuk melakukan prewedding yang memberikan kesan unik serta eksotis. Memilih Umbul Ponggok sebagai tempat untuk berfoto prewedding merupakan pilihan yang bagus, karena hasil fotonya unik dan beda daripada yang lain. Bagaimana tidak, Anda dan pasangan akan berfoto di dalam air.

Nah, itulah sekilas hal mengenai wisata Umbul Ponggok yang bisa dibagikan, jika ingin mendapatkan informasi lengkapnya silahkan coba telusuri informasi mengenai Umbul Ponggok di Traveloka.