Wilayah Perbatasan Dipasang PLTS

MUKOMUKO, BE – Untuk mengoptimalkan pengawasan  ke luar dan masuknya hewan ternak di wilayah perbatasan antara Kabupaten Mukomuko – Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Pemda Mukomuko berencana akan memasang beberapa lampu yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).
“Hingga saat ini, listrik belum ada di pos tersebut, karena lokasinya jauh dari jaringan listrik PLN. Supaya pengawasan pada malam hari tetap berjalan, pos chek point itu akan dipasang  listrik tenaga surya,” kata Kepala DP3K Kabupaten Mukomuko, Eddy Apriyanto melalui Kabid Peternakan, Jumadi ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.
Menurutnya, jikalau menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)  membutuhkan biaya operasional yang cukup besar, sedangkan pos itu tidak ada menghasilkan Pendapatan Asli daerah (PAD).
“Petugas di pos itu hanya sebatas melakukan pengawasan, tidak ada punggutan yang dibenarkan  dan hanya melakukan pemeriksaan  untuk memastikan ternak dari luar daerah yang masuk dalam kondisi sehat serta jelas asal – usulnya,” ujarnya.
Ini juga merupakan peningkatan dalam pengawasan untuk mengantisipasi berbagai penyakit yang bisa saja terjadi melalui hewan ternak. Seperti flu burung dan penyakit berbahaya lainnya. Petugas di pos itu juga nantinya diinstruksikan  untuk menjalankan tugas tambahan untuk menyemprot setiap hewan ternak yang melintas dengan menggunakan disinfektan.
“Untuk kegiatan penyemprotan itu nantinya  dapat kita tarik biaya  sebagai PAD, yang jelas tugas utama kami adalah untuk mencegah dan mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan masuk ke daerah ini yang disebabkan dari hewan ternak yang datang dari luar daerah,” demikian Jumadi. (900)