Wien Zafitrah Gantikan Yudi

Foto Wien Zafitrah

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Anggota Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Wien Zafitrah Ruslan ditunjukkan sebagai Wakil Ketua (Waka) I DPRD Kota Bengkulu yang baru menggantikan Yudi Dharmawansyah SSos.  Hal ini dibuktikan dengan surat keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang telah dimasukkan ke Sekretariat DPRD kota, kemarin (17/9).

“Alhamdulillah, berarti partai masih memberikan kepercayaan kepada saya, tapi disatu sisi ini menjadi tanggung jawab besar untuk memegang amanah ini,” kata Wien kepada Bengkulu Ekspress, kemarin.

Menurutnya, dengan pengalaman menjadi anggota dewan hampir 5 tahun ini akan menjadi modal baginya untuk bisa menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai seorang Wakil Ketua, baik cara memimpin sidang paripurna, memberikan pandangan, maupun menjalankan fungsi penganggaran dan pengawasan.

Seiring dengan perjalanannya, ia akan segera menyesuaikan dan menjadi komunikasi intens antar pimpinan dewan lainnya. “Melaksanakan tugas sebagai waka mudah-mudahan saya sanggup menjalani, apalagi sudah 4 tahun menjadi anggota dewan, ” tuturnya.

Selain itu, dikarenakan tahun ini menjadi tahun politik hingga pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang, dirinya juga akan menjaga kondusifitas serta membuat sesama anggota dewan tetap terjalin hubungan yang harmonis, sehingga bisa tetap kompak dan fokus dalam menjalan tugas sebagai wakil rakyat.

Sementara itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota, H Romadan Indosman SH MH mengatakan bahwa SK dari DPP tersebut sudah berada di tanggannya dan siap ditindaklanjuti untuk disampaikan ke Plt Gubernur melalui Walikota Bengkulu. Setelah itu, barulah akan dibahas oleh Badan Musyarawah (Banmus) untuk penetapan jadwal pelantikan di gedung paripurna DPRD kota.

“Dalam SK itu, selain menunjukk Wien sebagai Waka I, juga menunjuk Rafika Nawawi sebagai Ketua Fraksi Gerindra di DPRD kota. Selanjutnya kita proses lebih lanjut pengambilan SK ke Gubernur,” ujar Romadan.



Ia juga mengungkapkan, untuk hak keuangan atau fasilitas yang akan didapatkan oleh Wien Zafitrah akan segera disesuaikan setelah dilantik. Seperti mendapatkan rumah dinas, mobil dinas, tunjangan jabatan, dan lain sebagainya. Jika selama ini anggota dewan mendapatkan gaji sekitar Rp 25 juta per bulan, maka sebagai unsur pimpinan bisa mendapatkan sekitar Rp 30-an juta.

“Mereka ada biaya operasional pimpinan, kemudian biaya rumah tangga, tetapi ada juga beberapa pendapatan yang hilang, seperti tunjangan perumahan dan tunjangan transportasi karena sudah difasilitasi rumah dinas dan mobil dinas,” ungkapnya. (805)