WBA Tundukkan Chelsea, 2-1

Chelsea akhirnya pulang dengan wajah tertunduk.  Hal ini terjadi setelah pada menit ke-50 sundulan Odemwingie membuat tuan rumah West Bromwich Albion (WBA) unggul 2-1 pada pertandingan Premier League, di The Hawthorns, Sabtu (17/11).

Kekalahan ini membuat Chelsea tetap bertahan di peringat 3 dengan point 24.  Sementara kemenangan yang diperoleh  langsung menyebabkan WBA melompat ke posisi 4 membayangi Chelsea, dengan 23 poin.  Hal ini terjadi karena pada laga lainnya, Everton harus tunduk pada Reading, 2-1.

Chelsea memperlihatkan dominasinya pada di awal pertandingan ini dan nyaris unggul terlebih dahulu pada menit ketujuh.

Sturridge memperlihatkan kinerja apik di lini depan dengan memberi sedikit sentuhan saat menyodorkan bola pada Moses. Pemain muda ini kemudian melayangkan umpan silang ke arah Bertrand dan bola hasil tendangannya masih bisa dihadang Ridgewell sebelum melewati garis gawang.

Peluang Bertrand tadi ditindaklanjuti Hazard dan bola hasil tendangan bintang asal Belgia ini terlihat mengenai tangan Olsson namun wasit tidak menunjuk titik putih.

Tiga menit kemudian, tuan rumah unggul lebih dulu melalui Shane Long pada menit ke-10. Dengan kepalanya, ia membelokkan umpan silang James Morrison ke sudut kiri atas gawang Petr Cech.

Tertinggal satu gol Chelsea melanjutkan dominasi pertandingan namun upaya menyamakan kedudukan melalui Torres dan Strurridge kerap menemui kegagalan.

Pada menit 33 para pemain West Brom meminta penalti saat Long terjatuh ketika berduel dengan Cahill. Terlihat sedikit sentuhan namun wasit mengeluarkan isyarat play-on.

Enam menit kemudian Chelsea bisa menyamakan kedudukan melalui sebuah kerjasama apik antara Hazard dan Azpilicueta. Umpan silang bek sayap tersebut disambut tandukan kepala Hazard dari jarak dekat.

Chelsea menutup babak pertama dengan sebuah peluang emas melalui kaki Moses namun tendangannya dari sisi kanan gagal mengubah skor.

Seperti di awal babak pertama, di interval kedua ini Chelsea langsung menekan. Baru tiga menit berjalan Mulumbu dipaksa melakukan hadangan dan tendangan akurat Hazard gagal berbuah gol kedua.

Di saat dominasi tim tamu berlanjut, mereka justru dikejutkan gol kedua tuan rumah pada menit 51. Umpan lambung Shane Long dari sayap kanan disambar tandukan Odemwingie di tiang dekat yang tidak bisa dihalau Cech.

Demi menambah kreativitas di lini tengah dan ketajaman di sektor serangan, Di Matteo memasukkan bintang muda Brasil Oscar dan Juan Mata menggantikan Oriol Romeu dan Fernando Torres. Perubahan ini nyaris menciptakan hasil instan saat Mata memberikan umpan manja yang disambar Sturridge namun Myhill masih bisa menyelamatkan gawangnya.

Demi mengamankan keunggulan, West Brom menarik James Morrison dan Zoltan Gera untuk memberi ruang pada Graham Dorrans dan Chris Brunt pada menit 70.  Pergantian ini sama sekali tidak menghentikan dominasi Chelsea karena gempuran demi gempuran terus mereka lakukan ke arah gawang tuan rumah.

Keinginan West Brom untuk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan semakin suram di sepuluh menit terakhir karena Mulumbu mengalami cedera sementara jatah pergantian sudah habis.

Pada menit 87 Chelsesa nyaris menyamakan kedudukan namun kerjasama trio Hazard, Mata dan Oscar gagal diselesaikan dengan baik oleh Sturridge.

Pada saat injury time Cech naik ke depan untuk membantu serangan namun dia gagal menjangkau bola umpan Mata dan perpanjangan waktu empat menit tidak cukup bagi Chelsea untuk menghindari kekalahan.(**)