Waspadai Wabah Flu Burung

flu_burung_1MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui Dinas Pertanian (Dispertan) meningatkan kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai wabah flu burung. Pasalnya, dari catatan bidang peternakan kasus flu burung mencapai 120 kasus. Meskipun hingga awal Juli 2019 ini, belum ada penambahan kasus.



”Hingga saat ini belum ada laporan dari masyarakat maupun petugas kesehatan hewan adanya kasus baru yang menyerang unggas yang dipelihara masyarakat,” kata Kepala Dispertan Kabupaten Mukomuko, Heri Prastyono melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Warsiman ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (2/7). Meskipun belum ada penambahan kasus, bukan berarti masyarakat harus santai dengan tidak mengurusi unggas peliharaannya.

Sebab kasus flu burung ini, katanya, akan datang dan menyerang unggas sewaktu–waktu. “Virus flu burung dapat menyerang sewaktu-waktu, dan lebih banyak ditularkan dari ayam yang sebelum-belumnya menghidap virus tersebut,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Warsiman mengingatkan, kepada seluruh peternak unggas supaya dapat memperhatikan kondisi kandang tetap bersih, melakukan penyemprotan kandang menggunakan vaksin pencegahan virus flu burung.(900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*