Waspadai Hujan Disertai Badai

Ilustrasi badai
Ilustrasi badai

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Masyarakat diingatkan agar lebih mewaspadai cuaca ekstrem. Pasalnya, sejak beberapa hari terakhir hingga hari ini, wilayah Kabupaten Mukomuko diterjang hujan yang disertai badai. Meskipun belum ada laporan bangunan roboh dan lainnya, peristiwa tersebut cukup melumpuhkan aktivitas masyarakat khususnya bagi nelayan yang ada di wilayah perairan Mukomuko.

“Nelayan tidak berani melaut karena badai hingga mengakibatkan gelombang laut tinggi. Diprediksi hujan badai akan terjadi hingga Jumat (26/1),” sampai Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat.

Terjadinya cuaca ekstrem di wilayah ini, kata Rahmad, telah disampaikan kepada semua masyarakat nelayan melalui ketua nelayan, tokoh nelayan, kades, hingga pihak kecamatan. Sepanjang cuaca belum membaik, ia mengingatkan, agar nelayan tidak melakukan aktivitas. “Harapan kita nelayan jangan dulu melaut. Karena cuaca sangat buruk dan berbahaya. Pihaknya tidak menginginkan terjadi hal yang tidak di inginkan menimpa nelayan,” imbaunya. Rahmad menambahkan, peristiwa di perairan laut Mukomuko seperti kapal atau perahu karam dan lainnya akibat cuaca buruk sering terjadi dan mengancam keselamatan nelayan.(900)