Waspadai Hujan dan Badai

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Tidak menentunya keadaan cuaca saat ini seperti hujan dan badai, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong meminta masyarakat agar selalu waspada.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, Fakhrurrozi, S.Sos, M.Si, mengatakan, bahwa dimasa peralihan musim saat ini, sangatlah berpotensi sering terjadinya hujan tak menentu yang disertai dengan angin kencang atau puting beliung.

“Terutama pada sore hari yang sudah beberapa minggu ini sering terjadi,” jelasnya, kemarin (24/1).

Masyarakat harus berhati-hati jika melihat banyaknya awan putih yang berlapis-lapis, serta cuaca mulai dari pagi hari hingga siangnya terasa panas dan gerah.

“Lebih baik berlindung jika melihat cuaca seperti itu,” sampainya.

Dengan keadaan cuaca saat ini, Fakhrurrozi juga meminta kepada masyarakat agar sebisa mungkin bisa memastikan tanaman dikawasan sekitar aman jika diterjang angin.

“Serta juga periksa keadaan rumah baik atap maupun yang lainnya, apakah bisa menahan jika diterpa angin atau tidak dan lakukan perbaikan langsung demi keselamtan kita,” pintanya.

Untuk daerah Lebong sendiri, ada dua kawasan yang pernah diterpa angin puting beliung. Yaitu Kecamatan Lebong Selatan dan Kecamatan Lebong Utara dan itu bisa berpotensi kembali terjadi dan juga kawasan yang selama ini aman, masyarakatnya juga harus waspada karena tidak tahu dengan kondisi alam saat ini.

“Sementara walaupun tidak ada terjadi musibah dan itupun tidak kita harapkan, saya sudah memrintahkan seluruh anggota untuk melakukan kewaspadaan dan terus memonitor seluruh wilayah Lebong,” tutupnya. (614)