Waspadai Hewan Tak Sehat

BENGKULU, BE – Menjelang hari raya Idul Adha seperti saat sekarang ini biasanya sebagian besar masyarakat memburu hewan, baik sapi, kerbau maupun kambing untuk dikurban. Agar tidak mendapatkan hewan dalam keadaan sakit, Wakil Gubernur Bengkulu Sultan B Najamudin meminta pihak terkait seperti Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) untuk mengecek semua hewan yang dijual bebas oleh masyarakat.
“Saya sebenarnya mau ngecek hewan-hewan yang diperjual-belikan untuk kurban, kan banyak juga yang kurang sehat,” kata Sultan.
Ia menegaskan, setiap hewan yang dipotong Idul Adha nanti harus sehat, karena tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan penyakit bagi orang yang memakannya.
“Hewan harus sehat dan dagingnya banyak. Saya minta dinas terkait juga mengecek setiap pusat penyuplay hewan yang akan dikurban, jangan sampai nanti ada masyarakat yang membeli hewan yang tidak sehat,” pintanya.
Menurutnya, jika menyembelih hewan yang tidak sehat dampaknya bukan hanya bisa menimbulkan penyakit, namun juga bisa mengurangi pahala orang yang berkurban. Apalagi daging-daging hewan itu nanti akan diserahkan kepada masyarakat luas.
“Pastikan hewan yang akan dikurbankan benar-benar sehat, pantas dan memenuhi syarat. Sehingga niat yang berkurban akan mendapatkan pahala yang besar. Kalau nanti ada hewannya sakit dan dagingnya banyak air, tentu kurang baik,” ucapnya. (400)