Waspadai Berbagai Penyakit

foto:ist

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Masyarakat di Kabupaten Mukomuko, khususnya yang bermukim di lingkungan pasar, diimbau untuk lebih mewaspadai terjadinya ancaman berbagai penyakit.

Diantaranya, penyakit malaria, demam berdarah dan lainnya.Pasalnya,musim pasca perubahan cuaca dari panas ke hujan yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir,sangat rentan bakal menimbulkan berbagai penyakit.

Termasuk yang ditularkan dari gigitan nyamuk.Sebab musim hujan, mengakibatkan banyaknya genangan air di lingkungan pemukiman. Diperparah lagi dengan banyaknya tumpukan sampah yang mempu mengundang berbagai jenis nyamuk berkembang biak.



“Kita ingatkan harus tetap waspada terhadap ancaman berbagai penyakit,”ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo SKM.

Untuk mengantisipasi dan menghindari berbagai ancaman penyakit.Pihaknya mengingatkan, kepada semua masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan rumah dan tidak membuang sampah sembarangan tempat. Termasuk barang-barang bekas yang tidak dipakai, sebaiknya dikubur atau dibakar.

Sehingga barang tersebut tidak dijadikan tempat genangan air yang dapat dijadikan bersarangnya nyamuk. “Pengasapan ataupun fogging hanya membunuh nyamuk-nyamuk besar.Tidak membunuh jentik-jentik.Yang lebih efektif dan efisien adalah masyarakat hidup bersih,” ungkap Bustam.(900)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*