Waspadai Banjir dan Longsor

ERICK/BE
BANJIR : banjir bandang yang terjadi beberapa hari terakhir yang mengakibatkan persawahan warga yang baru ditanam menjadi rusak.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan serta selalu waspada terutama warga yang rumahnya berada di kawasan banjir dan tanah longsor, mengingat musim hujan yang turun saat ini. Kepala BPBD Kabupaten Lebong, Fakhrurrozi SSos MSi mengatakan, bahwa saat ini sudah setiap hari hujan pasti turun, baik turun hanya beberapa jam saja dan seharian hingga malam hari.

“Intensitas hujan saat ini ada yang cukup deras dan ada hujan yang hanya sekedar saja,” jelansya, kemarin (01/01).

Ia mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, terutama di aliran sungai. Karena merupakan salah satu penyebab terjadinya musibah banjir. “Mari kita bersama-sama untuk menjaga kebersihan lingkungan, agar musibah banjir bisa kita antisipasi,” sampainya.

Selama ini, sambung Fakhrurrozi, salah satu penyebab terjadinya banjir karena banyaknya saluran air yang tersumbat akibat banyaknya sampah yang menumpuk. Untuk itulah, selain tidak membuang sampah, diharapkan kepada seluruh warga bisa bersama-sama gotong royong untuk membersihkan lingkungan. “Jangan sampai setelah terjadi musibah, kita baru sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.(614)