Waspada Virus Korona, PT TLB Lakukan Langkah Pencegahan Kepada Karyawan

Meeting management PT TLB mengenai isu Virus Corona

BENGKULU, bengkuluekspress.com – PT Tenaga Listrik Bengkulu (TLB) selaku Owner PLTU Bengkulu 2×100 MW peduli terhadap isu virus korona. Kepedulian tersebut diberikan kepada karyawan yang bekerja di perusahaan dengan memberikan himbauan untuk waspada serta melakukan beberapa hal sebagai langkah pencegahan agar tidak tertular virus mematikan ini.

Direktur PT TLB, Singgih Hari Santoso menghimbau, kepada seluruh karyawan pada rapat hari Senin lalu (2/3) terkait pencegahan terhadap virus korona dilingkungan kerja. Beberapa himbauan yang diintruksikan oleh Management PT TLB diantaranya memberikan perhatian khusus terhadap karyawan yang baru datang atau dari luar kota Bengkulu, agar lebih intensif melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala baik itu pengecekan suhu tubuh dan lain sebagainya.

Pembagian masker, hand sanitizer dan pengecekan suhu tubuh karyawan PT TLB

“Sejak Presiden Jokowi mengeluarkan pernyataan resmi mengenai 2 orang WNI yang positif terjangkit korona, management PT TLB, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan karyawan baik pengecekan suhu tubuh dan sebagainya,” kata Singgih, kemarin (5/3).

Selain rutin mengecek kesehatan Karyawan, Management PT TLB juga menghimbau kepada seluruh karyawan untuk menghindari keramaian seperti pasar, mall, dll bila tidak terpaksa atau ada kepentingan urgent. Karyawan di himbau untuk mengunjungi tempat yang dianggap penting saja seperti rumah dan kantor. Selain itu, karyawan juga dihimbau untuk tidak berpergian keluar kota dan keluar negeri untuk sementara waktu bila tidak ada tugas penting kantor.

“Kita himbau karyawan menjauhi keramaian dan tidak di sarankan ke luar kota serta ke luar negeri juga bila tidak ada tugas penting dari kantor,” ujar Singgih.

Ia menambahkan, Karyawan juga diminta rutin menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan memperbanyak olahraga, cuci tangan sesering mungkin, menjaga antibodi dengan minum vitamin, mengkonsumsi rempah tradisional seperti jahe, kunyit dan temulawak, dan perbanyak minum air hangat.

“Kita ingatkan karyawan agar rutin menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga serta mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat,” tambah Singgih.

Selain itu, karyawan PT TLB juga di himbau untuk selalu menggunakan masker jika memiliki keluhan flu dan batuk. Apabila karyawan memiliki gejala yang mengindikasi seperti gejala virus diwajibkan untuk melapor dan akan diistirahatkan sementara waktu di rumah sambil diperiksa dan dimonitor kondisi kesehatannya oleh dokter sampai kondisi membaik.

“Sebagai langkah awal pencegahan, PT TLB telah mendistribusikan masker dan hand sanitizer untuk setiap karyawan serta secara rutin melakukan pengecekan suhu tubuh dikantor setiap hari, di pagi dan sore hari. Karyawan dengan temperature badan yg melebihi 37 C dalam beberapa hari, akan mendapatkan perhatian/monitoring lebih khusus dari perusahaan.” ujar nya.

Singgih menambahkan, sejak pertama kali isu Virus Korona ini muncul di Januari lalu, management PT TLB langsung dengan tegas melarang setiap karyawan asing Tiongkok yang sedang berlibur dinegaranya untuk kembali ke proyek PLTU Bengkulu. Selain itu, PT TLB juga melarang tegas karyawan untuk kembali kenegaranya untuk sementara waktu sampai ada pernyataan resmi dari pemerintah Indonesia.

“Kita sudah jauh hari mewaspadai virus korona ini, makanya setiap karyawan asal Tiongkok dilarang pulang atau berlibur ke negaranya,” tutupnya.(999)