Waspada Uang Palsu Beredar

uang palsuPASAR MANNA, BE – Warga Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) khususnya dan Provinsi Bengkulu umumnya, mesti waspada dengan peredaran uang palsu. Pasalnya kemarin salah satu warga BS menemukan  uang palsu pecahan Rp 20 ribu dalam jepitan uangnya.
Bambang (26), warga Jalan Pangeran Duayu yang juga pengusahan fotocopy mengaku, uang palsu itu baru diketahuinya sekitar pukul 08.30 WIB, kemarin. Waktu itu ia hendak membayar uang pulsa kepada agen pulsa namun saat dirinya menyerahkan uang itu pas dicek ternyata ada satu yang palsu. “Uang itu sudah saya jepit pecahan Rp 20 ribu dan setiap jepitan senilai Rp 100 ribu, akan tetapi pada uang bagian tengah ada satu lembar yang palsu, ” katanya.
Dikatakannya, diketahuinya uang palsu itu setelah dirinya dan agen pulsa itu memeriksanya secara bersama. Setelah dicek ternyata uang yang sudah lusuh dan sepertinya sudah sering berpindah tangan itu tidak ada benangnya, warnanya kusam, dan saat dibandingkan ukurannya lebih kecil dan lebih pendek dari aslinya. Setelah mengetahui uang itu palsu ia menyerahkannya kepada salah seorang anggota Polres BS.
Bambang mengaku tidak tahu siapa yang menyerahkan uang palsu itu. Ia hanya mengira jika uang palsu itu didapat dari orang yang  melakukan fotocopy atau orang yang membeli pulsa kepadanya. “Saya tidak tahu kapan uang palsu itu saya terima dan milik siapa, tapi yang membuat kami yakin uang itu palsu, saat diterawang tidak ada gambar pahlawan, padahal uang yang asli ada gambarnya,” ucapnya.
Sementara itu Kapolres BS melalui Kasat Intelkam POlres BS AKP Sultoni SH membenarkan jika di BS ditemukan beredar uang palsu. Dikatakannya saat ini uang itu sudah diamankan pihaknya. Dirinya mengimbau kepada warga untuk lebih berhati-hati dalam menerima uang serta warga segera menghubungi pihaknya jika menerima uang palsu ataupun mengetahui peredaran uang palsu.(369).