Waspada Serangan Hama Tikus

Petani mengeluhkan hama tikus yang kerap menyerang tanaman padiARMA JAYA, BE – Saat ini petani sudah memasuki masa tanam padi di sawah mereka. Untuk mengantisipasi serangan hama tikus di areal persawahan, para petani melakukan antisipasi tanggap dengan menyebar pembasmi hama di areal persawahan. Salah seorang petani di Kemumu, Misran, (45) mengatakan, sebelum masa tanam pihaknya melakukan pembersihan areal persawahan. Kemudian menyiraminya dengan pembasmi hama, yaitu racun tikus.”Hama yang paling banyak menyerang itukan hama tikus. Makanya dengan hama ini langsung kita lakukan antisipasi dengan menyirami klerat agar tikus itu mati,” terang Misran.

Misran petani asal Desa Sido Urip itu memiliki areal persawahan di Kemumu seluas 1/4 hektar sawah. Hama tikus yang menyerang sawah menjadi ancaman petani karena berakibat kegagalan panen. Akibatnya petani bisa mengalami kerugian jutaan rupiah. “Kalau tahun kemarin, ya tikus itu yang mengurangi hasil sawah kami. Sawah 1/4 hektar itu normalnya panennya mencapai 1 ton lebih.

Namun kemarin justru tidak sampai segitu, makanya kita juga sangat berharap adanya solusi dari pemerintah akan keluhan kami itu,” pungkas Misran. (117).