Waspada Pencurian Curnak

curnak
fOTO : ist

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress – Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha atau lebaran haji, masyarakat Kabupaten Kaur yang memiliki hewan ternak, diminta waspada terhadap pencurian ternak (curnak) khususnya sapi dan kambing. Pasalnya, jelang perayaan lebaran haji yang semakin dekat yang jatuh pada bulan Agustus mendatang. Dimana sering terjadi aksi pencurian ternak.

“Biasanya kalau menjelang hari raya korban ini aksi curnak meningkat dibandingkan hari biasa. Untuk itu, kami minta kepada warga untuk lebih waspada,” kata Kapolres Kaur AKBP Sisman Adi Pranoto SH SIK, kemarin (29/7).

Dikatakan Kapolres, ia minta masyarakat yang tinggal diperdesaan khususnya wilayah hukum Kabupaten Kaur agar meningkatkan patroli dengan cara ronda malam untuk menjaga perternakkan yang ada. Sebab di wilayah Kaur, ada beberapa desa yang rawan aksi kriminalitas pencurian hewan ternak saat menjelang hari raya hewan kurban. Bahkan, aksi yang dilakukan para pelaku kerap disertai kekerasan.



”Biasanya pelaku memanfaatkan momen dimana harga hewan ternak mahal, sehingga setiap ada kesempatan para pelaku melakukan kejahatan dengan cara mencuri hewan warga,” terangnya.

Ditambahkan perwira dengan dua melati di pundak ini. Apabila masyarakat ingin bekerjasama dengan aparat kepolisian tentu peluang-peluang para pelaku bisa diketahui sehingga pergerakan merekan (Pelaku) dapat ditutup dan membuat wilayahnya aman tanpa adanya hewan milik warga dicuri. “Kita akan berupaya melakukan patroli ke perdesaan yang rawan aksi pencurian dan ini perlu ada didukung oleh masyarakat, maka dari itu mari kita bekerjasama menciptakan Kaur aman dan kondusif,”ajak Kapolres.(618)