Waspada Parcel Kedaluarsa

Agusman Efendi

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tradisi pemberian parcel masih dilakukan masyarakat saat ini sebagai bentuk ucapan. Meski menjadi tradisi ini masyarakat juga harus tetap cermat ketika ingin membeli parcel. Sebab banyak pedagang parcel nakal yang mencari keuntungan dengan memasukkan makanan dan minuman yang hampir atau sudah kedaluarsa ke dalam parcel.

“Di sini kita mengimbau kepada warga untuk memperhatikan ini. Jangan membeli parcel yang ada makanan atau minuman yang sudah kedaluarsa,” kata Kepala (Diskoperindag) Kaur Agusman Efendi SE MSi,Kamis (6/5).

Dikatakannya, penjual parcel musiman mulai marak dan diprediksi akan semakin banyak menjelang Idul Fitri nanti. Lebih lanjut diakuinya dibutuhkan ketelitian warga saat membeli parcel karena makanan dan minuman kemasan yang ada di dalamnya biasanya sudah dibungkus plastik. Ia juga berharap dari sisi pelaku usaha juga harus ada tanggung jawab moral. Artinya, pelaku bisnis tersebut wajib mematuhi segala aturan yang telah ditetapkan, tidak hanya berorientasi pada keuntungan.

“Untuk penjual atau pedagang telah mengetahui mana yang layak dan tidak untuk diperjual belikan, jadi itu wajib dipatuhi dan dijalankan secara konsisten,” terangnya.

Ditambahkanya, pihaknya dalam beberapa waktu dekat ini akan menggelar razia parsel secara serentak kesemua supermarket dan toko parcel yang ada di Kabupaten Kaur jelang Lebaran. Razia dilakukan untuk mencegah peredaran makanan kedaluarsa dalam kemasan parcel.
“Kami akan mengerahkan tim gabungan di beberapa titik. Hal ini dilakukan untuk mencegah beredarnya makanan atau minuman kedaluarsa jelang lebaran ini,” jelasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*