Waspada, Musim Hujan Rentan DBD

Herwan Antoni

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Mengantisipasi cuaca yang kurang bersahabat dalam wilayah Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengimbau, kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan kesiapsiagaan dan mewaspadai terhadap kemungkinan penyebaran berbagai macam penyakit. Apalagi dengan tingginya curah hujan biasanya rentan terhadap penyakit yang disebar oleh virus yang disebabkan gigitan nyamuk.

“Jika curah hujan tinggi berkaitan dengan pola penyakit seperti, DBD dan Malaria,” ungkap Herwan Antoni kepada bengkuluekspress.com di DPRD Provinsi Bengkulu, Kamis (9/1).

Dikatakan Herwan, upaya antisipasi pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya berbagai macam penyakit tersebut, pihaknya sudah menyampaikan Surat Edaran (SE) Gubernur ke Dinkes yang kemudian akan diteruskan ke dinas terkait di wilayah kabupaten dan kota untuk diteruskan kepada masyarakat.

“Imbauan terus kita lakukan secara berjenjang untuk disampaikan kepada masyarakat agar selalu mewaspadai kemungkinan penyebaran berbagai macam penyakit yang akan ditimbulkan, melalui gerakan 3M plus. Begitu juga jika ditemukan masyarakat yang menderita penyakit malaria atau DBD misalnya, agar segera dirujuk kepada fasilitas kesehatan setempat,” katanya.

Dijelaskan Herwan, wilayah yang endemik supaya segera dilakukan fogging dan pemberantasan sarang nyamuk dan membersihkan lingkungan sekitar. Hal itu guna mengantisipasi jangan sampai bertambahnya masyarakat yang terjangkit penyakit yang sama.

Sambung Herwan, meski sejauh ini untuk masyarakat yang menderita penyakit yang disebabkan cuaca, sejauh ini masih normal dan belum ada peningkatannya. Hanya saja perlu diwaspadai, jumlah penderita seperti DBD dan Malaria jangan sampai terjadi peningkatan khususnya 3 bulan kedepan.

Mengingat sampai April nanti masih perlu mewaspadainya, karena ada siklus tahunan yang terjadi diawal dan diakhir tahun.

“Kita semua sekarang mengantisipasi dan siap siaga, karena kami dari Dinkes akan terus mengajak masyarakat agar selalu menerapkan hidup sehat dalam kesehariannya,” tutup Herwan. (HBN)