Waspada Malaria Menyerang

malariaMUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Masyarakat yang tersebar di 15 kecamatan di daerah tersebut diingatkan mewaspadai berbagai penyakit,  diantaranya malaria dan demam berdarah. Ditambah lagi saat ini cuaca  mengalami perubahan panas ke hujan dan sebaliknya. “Waspada dan hidup bersih harus tetap terjaga,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, Junharto melalui petugas monitoring dan evaluasi,  Ruli Herlindo.

Dari  hasil monitoring dan evaluasi serta hitungan jumlah kasus penyakit malaria, kata Ruli,  Dinkes  menyimpulkan  ada dua kecamatan yang masuk dalam endemis penyakit malaria tinggi  atau masuk dalam zona merah malaria. Yakni  Ipuh dan Teramang Jaya. “Selain daerah itu masuk dalam kawasan pesisir pantai. Kesadaran masyarakat berlaku hidup bersih juga masihsangat kurang,” katanya.

Upaya jajarannya untuk menangani wilayah yang masuk zona merah malaria.  Selain fogging,  pembagian kelambu , sosialisasi.  Ini  supaya  kecamatan itu bisa berubah status menjadi zona kuning hingga hijau. Sedangkan kecamatan yang masuk dalam zona kuning,  diantaranya Kecamatan Kota Mukomuko  dan V Koto. Kecamatan yang masuk zona kuning ini, juga masuk dalam daerah endemik malaria. Namun jumlah kasusnya tidak sebesar dari jumlah yang masuk dalam zona merah.  Sedangkan untuk wilayah zona hijau  sebanyak 10 kecamatan.

“Kasusnya ada,  tetapi jumlah penderitanya hanya sedikit,” bebernya. Untuk mencegah berbagai penyakit dimulai  dari keluarga dan lingkungan diharapkan  hidup bersih. Caranya rutin  membersihkan di dalam dan luar rumah dan lingkungan sekitar. “ Jika lingkungan bersih, masyarakat akan terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk malaria,” ungkapnya. (900)