Waspada Makanan Kedaluwarsa

=foto: Agusman Efendi==

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan (Disperindagkop) Kabupaten Kaur meminta kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap peredaran produk makanan kedaluwarsa. Apalagi di bulan Ramadhan, dimana kebutuhan bahan makanan akan meningkat.

“Kita harus waspada peredaran produk kedaluwarsa yang membahayakan kesehatan tersebut. Biasanya jelang puasa peredaran produk kedaluwarsa sering beredar,” kata Kepala Disperindagkop Kaur, Agusman Efendi, SE kemarin, (24/4).

Dikatakan Agus, sejumlah pusat perbelanjaan yang ada Kabupaten Kaur akan menjadi target razia rutin Disperindagkop jelang bulan puasa ini. Sebab di bulan puasa sampai lebaran nanti, tingkat konsumtif masyarakat semakin tinggi dan banyak dimanfaatkan oknum pedagang nakal untuk menjual makanan dan minuman yang tidak layak konsumsi. Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya sudah menjadwalkan akan turun melakukan razia.

“Biasanya menjelang puasa sampai jelang lebaran kita turun ke sejumlah tempat perbelanjaan untuk mengecek barang yang dijual,” terangnya.

Lanjutnya, dari tahun sebelumnya biasanya Disperindagkop selalu menemukan adanya makanan yang sudah kedaluwarsa atau juga kemasan yang sudah rusak. Untuk ini pihak distributor dan pemilik toko ditegur untuk tidak memajangnya supaya tidak dibeli masyarakat.“Nanti para pedagang kita berikan peringatan agar tidak menjual lagi. Kalau kedapatan lagi maka kita rekomendasikan izinnya dicabut,” tegasnya.

Agus juga menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas. Artinya ketika berbelanja tidak langsung asal beli namun meneliti terlebih dahulu mengenai komposisi yang terkandung didalamnya berikut juga tanggal kedaluwarsa.  “Kepada masyarakat yang akan membeli barang untuk lebih hati-hati dan teliti, jangan sampai nanti beli barang sudah kedaluwarsa,” imbaunya. (618)