Waspada Mafia Pajak

Kepala Bapenda, Sugeng SE MM
Kepala Bapenda, Sugeng SE MM

Bapenda Usulkan Bayar Pajak Online
ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bengkulu Utara (BU) akan menerapkan sistem data base atau sistem online dalam pemungutan pajak. Hal tersebut untuk mengindari terjadinya kebocoran pajak oleh oknum tertentu di Bapenda.

Kepala Bapenda Bengkulu Utara, Sugeng SE MM mengatakan, pihaknya akan mengusulkan untuk menggunakan sistem data base secara online itu ke Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian. Dengan sistem data base tersebut maka semua terpantau dengan baik.

“Jadi, tidak ada lagi oknum yang bisa bermain terhadap setoran pajak ini,” ujar Sugeng, kemarin.

Dijelaskannya, dengan sistem tersebut nantinya akan mempermudah pengawasan dalam pemungutan pajak serta meningkatkan pelayanan dan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

“Sistem ini nantinya akan mempermudah pengawasan terhadap pemungutan pajak serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat” tambahnya.

Diakuinya, masih banyak hal yang perlu dibenahi di Bapenda yang baru dipimpinnya tersebut. Sedangkan saat ini masih dalam tahap penertiban administrasi yang ada serta peningkatan kualitas pelayanan.

“Saya masih dalam tahap pembenahan untuk semua hal terkait administrasi dan pelayanan,” imbuhnya.

Diungkapkannya, ada beberapa penyalahgunaan kewenangan yang bukan tugasnya,  ada pula yang saat pengambilan formulir tidak tercatat. Sehingga menyebabkan rawan terjadi penyimpangan.

“Beberapa hari ini saya rapat dengan seluruh pegawai di sini, saya juga sudah tegaskan agar tertib. Kalau terbukti ada kecurangan, maka harus siap disanksi,” tegasnya.

Lebih lanjut ia  mengatakan, pihaknya akan berusaha agar usulan ini nantinya disetujui oleh Bupati Bengkulu Utara agar tidak terjadinya kebocoran penerimaan pajak.

“Kami berharap usulan ini disetujui untuk menghindari bermunculannya para mafia pajak yang menyebabkan kebocoran pendapatan pajak di Bapenda,” tutupnya.(cw2)