Waspada! Jalan Nasal Rawan Longsor

KOTA BINTUHAN, BE- Saat ini sudah mulai curah hujan akhir-akhir ini, khususnya diwilayah Kecamatan Maje dan Kecamatan Nasal. Mengingat daerah tersebut banyak perbukitan dan hutan lebat. Namun  dengan adanya hujan lebat justru  warga diminta tetap waspada.
“Jalan di kecamatan Nasal tengah dalam pembukaan jalan diatas bukit persisnya Desa Tanjung Beringin Kecamatan Maje dan Desa Suku Tiga  kecamatan Maje. Jika hujan lebat maka pembukaan jalan diatas bukit tanpa adanya diding permanen bisa akan longsor. Sehingga jalan negara tersebut bisa jadi tertutup oleh tanah,” kata Kepala BPBD Kaur Yusirwan MM saat dihubungi BE kemarin (30/9).

Ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam. Apalagi kondisi beberapa minggu belakangan ini wilayah Nasal selalu diguyur hujan, baik malam maupun siang hari. Terutama bagi daerah yang rawan longsor khsusnya di Jalan Desa Suku Tiga dan Tanjung Beringin. Ditambah posisi bukit dan jalan yang menikung jelas cukup berbahaya. “Kita harapkan agar masyarakat ekstra hati-hati terutama bagi pengendara yang melintas jalur jalan raya di daerah longsor. Yang jelas jika hujan deras maka diharapkan tidak melewati daerah tesrebut,” jelasnya.

Dijelaskanya, pihak BPPD akan memasang himbaun, terutama jalur itu merupakan daerah perbukitan serta sungai yang rawan terjadinya bahaya tanah longsor. “Daerah rentan terjadinya bencana seperti longsor dan banjir sudah dilakukan pemetaan. Untuk itu, kami mengimbau kepada warga yang ada di lokasi rawan bencana untuk tetap waspada dan peka terhadap kondisi perubahan alam,” jelasnya.

Mengingat tingginya curah hujan yang bakal terjadi saat ini, lanjut Yusirwan, potensi longsor kemungkinan sewaktu-waktu bisa terjadi lagi. Terutama pada jalur  Padang Guci, Kinal, Maje, dan Nasal khususnya wilayah rawan bencana. Oleh karena itu, tidak ada jalan lain selain meningkatkan kewaspadan jika melintasi daerah tersebut. Kedua kawasan ini rawan longsor, karena merupakan daerah perbukitan. “Kita harapkan semuanya untuk mematuhi, disamping itu juga kita akan melakukan pemasangan himbaun agar lebih nyaman. Khususnya pengendara motor untuk lebih berahti-hati,” pungkasnya.(823)