Waspada Hujan Lebat

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas III Fatmawati Bengkulu, kembali mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca yang terjadi di wilayah Provinsi Bengkulu, termasuk kota. Dalam hal ini BMKG pun mengingatkan dan memprediksi jika tiga hari kedepan akan di guyur hujan lebat yang disertai dengan badai.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu, Winda Ayu Kusumawati meminta agar seluruh warga Provinsi Bengkulu untuk meningkatkan kewaspadaan terutama pada sore hingga malam hari, karena potensi hujan lebat dan angin berasal dari pesisir bagian barat jadi sering terjadi dari sore hingga malam hari.

“Saat ini masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat, termasuk diwilayah Provinsi Bengkulu yang mana akan berlangsung tiga hari kedepan,” jelasnya, kemarin (20/6).

Ia menyebutkan, tingkat labilitas udara yang signifikan, juga sangat cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian pulau Sumatera, pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Provinsi Papua.

“Jika melihat dari data yang kita miliki, potensi hujan lebat disertai angin sangat mungkin untuk terjadi, oleh sebab itulah, sangat dimungkinkan terjadinya pohon tumbang maupun banjir,” terangnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, ia pun tidak hentinya menghimbau kepada seluruh warga Provinsi dan Kota Bengkulu untuk selalu waspada dengan keadaan cuaca dan jangan pernah untuk menganggap cuaca sekarang ini hal yang biasa dan selalu jauhi berteduh dibawah pohon besar karena sangat berbahaya.

“Cuaca seperti sekarang ini selalu berubah-ubah setiap detik dan saatnya, oleh sebab itulah, kewaspadaan harus lebih ditingkatkan, terutama di malam hari karena potensi hujan lebat sering terjadi pada malam hari dan selalu hindari berteduh dibawah pohon-pohon besar demi keselamatan kita semua,” tutupnya.

Berdasarkan data yang dikeluarkan BMKG Provinsi Bengkulu, hujan lebat yang disertai angin tersebut tidak hanya terjadi di kota saja, bahkan disemua kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. (529)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*