Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Provinsi Bengkulu

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Berdasarkan keterangan BMKG potensi hujan sedang hingga lebat tersebut dapat terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu pada pada 12 Juli hingga 14 Juli mendatang.

“Terdapat daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di wilayah Bengkulu, adanya labilitas udara berskala lokal yang cukup kuat serta kelembaban udara yang cukup basah di lapisan bawah hingga atas di wilayah Bengkulu. Sehingga dapat mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah di Bengkulu,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Anang Anwar, Senin (12/7).

Anang menjelaskan, kejadian angin kencang dan hujan terjadi karena aktifitas dari awan cumulonimbus dimana dari proses terbentuk hingga pecah awan tersebut akan terjadi angin kencang dan hujan dengan skala kecil dan durasi yang tidak lama.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang berada di daerah lereng bukit dan bantaran sungai untuk waspada potensi bencana hidrometeorologi lainnya seperti banjir, tanah longsor, angin kencang sesaat akibat hujan lebat atau hujan dengan durasi lama. (HBN)