Waspada Diare Menyerang Warga Kaur

Kepala Dinas Kesehatan Kaur, Azwar SSos

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Kondisi cuaca yang tidak menentu belakangan ini mulai banyak berdampak buruk dengan dengan kesehatan masyarakat di Kabupaten Kaur. Salah satunya menyerang kesehatan masyarakat yakni penyakit diare. Untuk itu, Kepala Dinas Kesehatan Kaur, Azwar SSos meminta kepada warga agar selalu waspada penyakit diare.

“Dengan kondisi cuaca seperti ini, kadang hujan kadang panas ini rentan penyakit diare. Makanya kita minta kepada warga selalu waspada,” kata Azwar kemarin (31/8).

Dikatakannya, untuk bulan Agustus ini sudah lebih dari 80 kasus diare yang ditangani oleh Puskesmas dialporkan ke Dinas Kesehatan. Menurutnya mulai dari Januari hingga Juli tercatat terdapat 573 kasus diare di 16 puskesmas di Kabupaten Kaur data tersebut belum termasuk data pada bulan September dan Dari RSUD Kaur.

“Itu catatan 16 Puskesmas sepanjang Januari hingga Juli sementara untuk Agustus belum disampaikan namun pemantauan kita paling tinggi terjadi pada bulan ini,” tuturnya.

Ditambahkannya, penyakit diare kerap sekali menyerang anak-anak dan orang dewasa, hal ini tak lepas dari pola makan dan kesehatan lingkungan terutang air minum dan juga air bersih. Sehingga tidak mengherankan bila di saat cuaca seperti saat ini penyakit diare menghantui masyarakat. Hal ini lantaran warga mengkonsumi air minum dan air lainnya secara bersama-sama dengan masyarakat lainnya.

“Bagi warga yang terserang diare sebaiknya cepat-cepat ke Puskesmas, kita sudah siapkan obat di Puskesmas masing-masing,” tandasnya. (irul)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*