Waspada Cuaca Ekstrem

Kepala BPBD Kaur Ujang Syafiri SPd

BINTUHAN,BE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur, kembali mengimbau kepada masyarakat Kaur, agar mewaspadai cuaca ekstrem berupa hujan deras dan angin kencang. Sebab, berdasarkan data Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem masih akan berlangsung beberapa hari ke depan.

“Beberapa hari ini hujan disertai angin kencang melanda Kaur. Makanya kita minta kepada warga Kaur agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak cuaca ekstrem, seperti pohon tumbang dan gelombang tinggi,” kata Kepala BPBD Kaur Ujang Syafiri SPd pada BE Sabtu (6/3).

Dikatakan Ujang, terkait dengan kondisi cuaca seperti saat ini masyarakat diminta berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah. Lebih baik menghindari jalan yang memiliki pohon pelindung berukuran besar.
“Kalau tidak ada urusan yang mendesak, sebaiknya jangan keluar rumah. Potensi dan ancaman bencana akibat angin kencang dan hujan deras cukup tinggi,” katanya.

Ditambahkannya, sebagai upaya antisipasi cuaca ekstrem, Pemerintah Kaur sebelumnya telah menggelar apel siaga untuk memastikan kesiapan personel dan peralatan dalam penanganan dampak cuaca, serta menyiapkan posko siaga bencana. Ada beberapa gejala yang harus diketahui warga untuk mewaspadai terjadinya bencana, seperti air sungai yang secara mendadak mengeruh, terjadinya retak pada tanah, batu kecil berjatuhan dari perbukitan dan tanah menjadi bergetar.

“Jika menemukan beberapa gejala tersebut di musim hujan, maka diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan. Untuk warga yang bermukim dilereng bukit maupun bantaran sungai yang rawan banjir, jika merasa ada ancaman, diminta evakuasi mandiri,” imbaunya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*