Waspada Corona, Wagub Tinjau Bandara dan Pelabuhan

FOTO HENDRIK/BE – Wakil Gubernur Bengkulu H. Dedy Ermansyah ditemani anggota DPD RI dapil Bengkulu H. Ahmad Kanedi, Wadir Pelayanan Umum dan penanganan Medis RSMY dr. Ismir Fahri dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Herwan Antoni saat meninjau langsung pengawasan untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Rabu (4/3).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Guna mengantisipasi virus corona atau COVID- 19 masuk ke wilayah Provinsi Bengkulu, Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam hal ini dipimpin Wakil Gubernur Bengkulu H. Dedy Ermanysah meninjau langsung pengawasan di Bandara Udara Fatmawati Soekarno dan di PT. Pelabuhan Indonesia ll (Pelindo ll) Pulau Baai Bengkulu, Rabu (4/3).

Dedy ingin memastikan bahwa siapapun yang masuk Provinsi Bengkulu melalui bandara Fatmawati Soekarno maupun Pelabuhan Pulau Baai sedini mungkin tidak terkena infeksi virus Corona.

“Kita ingin memastikan siapapun yang ada di Provinsi Bengulu aman dari virus dari Wuhan Cina itu. Stakeholder dan instansi terkait semua melakukan proteksi dengan baik mulai dari pencegahan di bandara dan pelabuhan maupun menyiapkan RS isolasi. Mudah- udahan bisa dilakukan perlindungan dengan baik, sehingga siapapun yang berada di Bengkulu, mereka bisa aman,” ujar Dedy, Rabu (4/3).

Politisi Nasdem itu mengatakan, maka hari ini pihaknya melakukan pemantauan baik dalam rangka pencegahan virus corona maupun antisipasi virus tersebut agar tidak terdampak bagi masyarakat Bengkulu.

“Alhamdulillah hingga detik ini Bengkulu belum terpapar dan masih terbebas dari corona virus, ” ungkap mantan Striker PS. Bengkulu itu.

Namun, sambung mantan anggota DPRD Provinsi Bengkulu itu, harus tetap waspada terutama pada pintu- pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan baik yang menggunakan transfortasi darat, laut maupun udara. Sehingga bersama stakeholder atau instansi melakukan langkah- langkah masing-masing dalam mengantisipasi penyebaran virus ini dengan baik.

Ia juga mengajak menangkal dini pencegahan Virus Corona COVID-19 yang masuk ke Indonesia dengan mengajak seluruh masyarakat untuk dapat meningkatakan imunitas tubuh, menjaga kebersihan lingkungan, meningkatkan ketahan tubuh dan kesehatan diri. Dan meminta seluruh elemen masyarakat Bengkulu agar tenang selalu waspada terhadap gejala timbulnya virus yang masuk ke Indonesia.

Sementara itu, General Manager Pelindo ll Pulau Baai Bengkulu, Silo Santoso mengatakan, dalam hal menyikapi antisipasi penyebaran virus Corona, pihaknya telah mengantisipasi sejak awal dari instruksi Kemenkes sebelum ada warga Indonesia yang terpapar COVID-19 tersebut. Pihaknya telah bekerja sama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Pulau Baai Bengkulu dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Bengkulu untuk mencegah penyebaran virus corona di Provinsi Bengkulu.

” Kita bersama KSOP dan KKP akan memeriksa kapal-kapal yang masuk ke pelabuhan pulau Baai baik penumpang maupun anak buah kapal pelayaran internasional baik barang maupun penumpang yang masuk ke Pulau Baai. Tak hanya itu pemeriksaan atau Clean area nya dilakukan di kurang lebih 2-3 Mill dari kolam pelabuhan agar tidak dekat dengan pelabuhan pulau Baai,” pungkasnya.

Jika, Sambungnya, menurut hasil pemeriksaan KKP semua sudah clear maka petugas pelabuhan akan melayani kapal yang baru masuk tersebut untuk bersandar di pelabuhan pulau Baai Bengkulu. (HBN)