Waspada Catut Nama Pejabat Polres

Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Beberapa hari lagi akan dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) terhadap jabatan Wakapolres Kaur serta Kabag Ops Polres Kaur. Menyikapi hal ini sejumlah pihak diingatkan jangan sampai nanti ada pihak-pihak yang dirugikan dan dihubungi orang tak dikenal dengan meminta sesuatu hal terkait dengan pergeseran jabatan itu.



“Saya imbau jangan sampai nanti malah ada yang kena tipu, biasanya setiap mutasi pasti ada yang mengatas namakan pihak tertentu termasuk juga nama pejabat di Polres Kaur seperti Kapolres Wakapolres yang meminta uang,” kata Waka Polres Kaur Kompol Afrizal SSos kemarin (14/5).

Dikatakan Waka, biasanya pihak yang akan menjadi sasaran yakni kepala OPD, Kades serta sejumlah pejabat lain baik didesa, kecamatan hingga pejabat di Kabupaten. Menurutya saat dirinya pertama tugas sebagai waka di Kabupaten Kaur beberapa Kades sempat mendatanginya dan menghubunginya konfirmasi mengenai ada yang meminta uang mengatasnamakan dirinya.

“Seingat saya saat saya pertama bertugas sampai dua tiga Kades menghubungi saya konfirmasi mengenai ada yang meminta sejumlah uang beruntung para Kades jeli sehingga tidak langsung mentransfer sesuai permintaan,” terangnya.

Dikatakannya, modusnya yakni biasanya yang bersangkutan akan menghubungi sejumlah pejabat mengatas namakan waka, atau kapolres misalnya mengaku pamit atau mengaku sebagai pejabat yang bersangkutan pelaku menegaskan butuh uang untuk kebutuhan baru pindah sehingga minta dibantu sejumlah uang. Nah bagi Kades atau pejabat yang sudah terlanjur percaya lantas menuruti permintaan pelaku sehingga sjeumlah uang melayang.

“Tidak benar itu, kalau ada pejabat yang baru atau mau berangkat trus meminta minta dengan pihak lain sejumlah uang,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam telegram Kapolda Bengkulu nomor ST/225/V/KEP/2019 10 Mei yang lalu Kompol Afrizal SSos dimutasi dengan jabatan yang sama ke Polres Seluma, posisinya akan disii oleh Kompol Hanny Juniarto yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubagjarilat SPN Polda Bengkulu.

Sementara posisi lain juga bergeser pada jabatan Kabag Ops Kompol Harsono yang digeser dengan jabatan yang sama pada Polres Bengkulu Selatan dan posisi yang ditinggalkannya akan diisi oleh AKP Eka Candra yang sebelumnya menjabat sebagai Paur Subbagisjemen Bagstrajemen Rorena Polda Bengkulu. Sertijab sendiri direncanakan akan dilakukan pada Jumat (17/5).(618)