Waspada Badai

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu memprediksi angin kencang atau badai dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan melanda Provinsi Bengkulu hingga 1 minggu ke depan. Kondisi tersebut terutama terjadi di pesisir Mukomuko hingga pesisir Kabupaten Kaur. Hal ini disebabkan awan konventif dengan suhu 26-29 derajat Celcius menyebabkan terjadinya hujan yang disertai angin kencang disertai gelombang air laut tinggi.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, H. Sudiyanto, SP. mengatakan, hujan dan angin kencang masih berpotensi dalam sepekan ini. Untuk itu, masyarakat dan nelayan di Provinsi Bengkulu diminta tetap waspada jika cuaca terlihat mendung.

“Biasanya siang hingga sore hari, serta kemungkinan tumbuh potensi angin kencang ini biasanya di wilayah pesisir dari Mukomuko sampai Kaur,” ungkap Sudiyanto yang ditemui di kantornya, kemarin (22/1).

Dikatakannya, untuk puncak hujan dan angin kencang tersebut masih akan terus terjadi hingga pertengahan Maret 2018 mendatang.

“Setelah bulan Januari 2018 diprediksi masih terjadi hujan dan angin kencang meski intensitas sudah mulai menurun,” katanya.

Ia pun mengimbau kepada para nelayan di Kota Bengkulu maupun daerah lainnya untuk mewaspadai gelombang tinggi. Pasalnya, dalam sepekan ini diperkirakan gelombang tinggi terus terjadi dengan tinggi 3 hingga 4 meter. Hal tersebut karena pergerakan angin dari barat ke barat laut dengan kecepatan 5 hingga 15 knot masih terus terjadi.

“Kita juga mengingatkan agar masyarakat untuk tidak panik dan terpancing dengan isu-isu yang tidak jelas. Kita juga akan terus memberikan informasi mengenai kondisi cuaca di wilayah Bengkulu dan sekitarnya,” pungkas Sudiyanto (777)