Waspada 5 Penyakit Berbahaya

ilustrasi
Ilustrasi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mengimbau masyarakat untuk mewaspadai beberapa penyakit berbahaya. Setidaknya ada lima penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai masyarakat pasca lebaran, yakni hipertensi-darah tinggi, gula darah tinggi, gagal ginjal, asam urat dan jantung.

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antony SKM MM mengatakan, perubahan pola konsumsi yang terjadi selama bulan Ramadan dan lebaran Idul Fitri saat ini telah kembali kepada rutinitas biasanya. Sehingga masyarakat harus kembali mengatur pola makan dan minum sehat.

“Pola makan dan minum harus diatur karena sudah tidak puasa lagi,” kata Herwan, kemarin (27/6).

Dijelaskannya, pola makan dan minum yang harus diatur masyarakat yaitu dengan tidak berlebihan mengkonsumsi makanan dan minuman. Apalagi setelah lebaran seperti saat ini, biasanya masyarakat lebih sering lagi mengkonsumsi makanan daging dan bergula.  “Jangan berlebihan, karena berisiko terserang penyakit berbahaya,” terang Herwan.

Beberapa penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai diantaranya, hipertensi-darah tinggi, gula darah tinggi, gagal ginjal, asam urat dan jantung. Untuk itu, masyarakat diminta agar tidak melupakan dan membiasakan diri berolahraga setiap harinya, meski hanya beberapa menit saja. “Harus rajin berolahraga agar tubuh selalu sehat,” ujar Herwan.

Lebih jauh ditambahkan, meski laporan secara rinci mengenai penyakit yang diderita masyarakat pasca lebaran ini belum diterima, namun berpijak dari pengalaman sebelumnya, datanya cenderung mengalami kenaikan dari biasanya, kendati kenaikan tidak terlalu tinggi. Bahkan jumlah masyarakat yang menderita penyakit pasca lebaran tersebut, juga bisa di lihat tingkat kunjungan ke Puskesmas ataupun klinik kesehatan yang ada.

“Biasanya pasca lebaran banyak masyarakat terserang sakit dan itu bisa dilihat dari tingkat kunjungan di Puskesmas maupun di Klinik,” jelas Herwan.

Pihaknya berharap masyarakat yang menderita penyakit pasca lebaran, agar tidak ragu berobat ke fasilitas kesehatan terdekat. Begitu juga bagi masyarakat yang belum sakit, agar memeriksa kesehatannya secara rutin, untuk mengetahui penyakit yang di deritanya.”Segera cek kondisi kesehatannya di puskesmas terdekat,” tukasnya.(999)