Warna-warni Kembang Api Dilangit Benteng Malborough

Bengkulu
RIO SUSANTO/Bengkulu Ekspress MERIAH: Suasana pesta kembang api di atas Benteng Malborough pada pergantian Malam Tahun Baru 2017

Kemeriahan Pergantian Malam Tahun Baru 2017
Berbagai perayaan untuk menyambut tahun baru 2017 dilakukan di berbagai titik lokasi, diantaranya adalah di kawasan wisata Benteng Malaborough yang masih menjadi tujuan utama. Pesta kembang api membuat langit malam yang gelap di Benteng Malaborough menjadi penuh warna.

REWA dan CARMINANDA,
KOTA BENGKULU

KAWASAN wisata benteng Malaborugh dan wilayah sekitar Tapak Paderi tumpah ruah oleh masyarakat Bengkulu yang antusias menyambut malam pergantian tahun 2017. Pantauan Bengkulu Ekspress, setidaknya ribuan masyarakat memadati kawasan wisata andalan Bengkulu ini sejak Sabtu (31/12) sore. Tak hanya masyarakat Bengkulu, namun masyarakat yang juga berasal dari luar Kota Bengkulu.

Salah seorang pengunjung, Juliansyah (26) mengatakan bahwa dirinya selalu merayakan pergantian tahun di kawasan wisata Benteng Malaborough Bengkulu.  “Hampir setiap tahun saya dan keluarga merayakan malam pergantian tahun di sini. Hal yang paling dinantikan tentu saja pesta kembang apinya saat tepat tengah malam nanti,” ujarnya.

Meskipun sempat diguyur hujan yang cukup deras, antusiasme masyarakat Bengkulu yang sudah mulai berkumpul sejak pukul 21.00 WIB tidak surut. Beruntung hujan tersebut tidak berlangsung lama, kerumunan yang tadinya berteduh mulai kembali memadati kawasan Benteng Malborugh dan sekitarnya mempersiapkan diri menyambut malam pergantian tahun.

“Meskipun sempat hujan, kami tetap semangat menyambut pergantian tahun. Kami juga sudah mempersiapkan beberapa kembang api untuk dinyalakan nanti,” sambungnya.

Tepat tengah malam pada pukul 00.00 WIB masyarakat Bengkulu yang sudah berkumpul di Benteng Malaborough dan sekitarnya di hadiahi dengan parade pesta kembang api yang sangat indah. Ratusan kembang api dinyalakan dan membuat langit di malam hari yang gelap menjadi penuh warna dan bercahaya. Letusan kembang api yang dinyalakan juga bersahut-sahutan hingga lebih dari setengah jam lepas tengah malam.  “Langit jadi indah sekali, penuh warna. Meskipun suaranya cukup menakutkan, seperti perang kembang api, tetapi perang yang sangat indah,” sambung Juliansyah.

Serupa dengan Juliansyah, seorang warga yang berasal dari daerah Arga Makmur Bengkulu Utara, Supri (38) mengaku sengaja datang ke Bengkulu untuk merayakan malam pergantian tahun.

“Ini tahun pertama saya merayakan pergantian tahun di Benteng Malaborough, Bengkulu. Saya sengaja datang untuk ikut menyaksikan dan meramaikan pesta kembang api disini,” ujarnya
Suasana perayaan pergantian tahun di Benteng Malaborough sangat meriah. Kerumunan masyarakat masih belum membubarkan diri hingga pukul 01.00 WIB dini hari. Begitu pula letusan kembang api yang masih sesekali terdengar.

Supri mengaku sangat menikmati malam pergantian tahun disini. Ia berharap untuk tahun berikutnya akan diadakan acara lain yang lebih menarik seperti diadakannya pesta rakyat dan pesta kembang api yang lebih meriah lagi.  “Semoga tahun berikutnya ada acara yang lebih terstruktur di beberapa lokasi yang bersejarah di Bengkulu dan ada hiburan untuk rakyat agar lebih meriah,” tutupnya.

Teamlo Hibur Perayaan Tahun Baru Kota Bengkulu

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu Dr H Rohodin Mersyah MMa didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu membuka pesta rakyat perayaan tahun baru 2017 di Sport Center Kota Bengkulu.

Dalam perayaan pesta malam tahun baru tersebut dihibur oleh Mantan vokalis Group Band Teamlo Ade yang terkenal sebagai group musik komedi nasional. Beberapa kombinasi lagu dibawakkannya untuk mengihibur masyarakat Bengkulu. Antusias masyarakat juga sangat terlihat ketika banyak yang tertawa mendengar Ade bernyanyi.

Selain itu juga ada artis dangdut Irma Darmawansyah, dan group musik dangdut Sriwijaya. Pesta perayaan malam tahun baru tersebut berlangsung meriah, dan ditutupi dengan pesta kembang api.

Wagub Rohidin Mersyah mengatakan, pesta rakyat perayaan malam tahun baru tersebut merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan Bidik Koruptor yang telah diadakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu sejak 25 Desember 2016 lalu. Sebelumnya, Pemrov telah mengadakan kegiatan jalan sehat, senam massal, lomba olahraga rekreasi tradisional, bersih pantai, dan tabliq akbar. “Pesta rakyat malam ini sengaja kita adakan untuk menghibur seluruh masyarakat Bengkulu dalam rangka perayaan akhir tahun. Sebelumnya kita juga mengadakan banyak rentetan kegiatan, dan malam ini kita sengaja datangkan beberapa artis nasional dan lokal untuk menghibur masyarakat Bengkulu,” ungkapnya (**)