Warga Transmigrasi di Kepahiang Dapat Harapan Baru

Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid menyerahkan bantuan Sembako dan membagikan sertifikat tanah kepada warga Transmigrasi di Dusun III Desa Pagar Agung Kecamatan Bermani Ilir.

BERMANI ILIR, bengkuluekspress.com – Setelah menanti hampir sepuluh tahun untuk mendapatkan sertifikat tanah, puluhan kepala keluarga (KK) warga transmigrasi di Desa Pagar Agung Kecamatan Bermani Ilir memiliki harapan baru. Harapan akan diterbitkannya sertifikat tanah rumah dan lahan perkebunan yang sudah digarap bertahun-tahun. Karena Kamis kemarin (3/9), Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU menyerahkan SK transmigrasi pengganti untuk warga.

Penyerahan SK pengganti secara simbolis dilakukan bupati bersamaan dengan membuka pencanangan bulan bhakti gotong royong pukul 13.00 WIB di Desa Pagar Agung Kecamatan Bermani Ilir. Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Kepahiang AKBP. Suparman, Kasi Intel Kejari Kepahiang Arya Marsepa, Kepala BPN Kepahiang, Kakan Kemenag Kepahiang serta Kepala OPD.

Pada kesempatan itu, Bupati juga memberikan bantuan sembako untuk warga transmigrasi yang belum mendapatkan bantuan dampak Covid-19. Disampaikan bupati, sejak Agustus kemarin sudah dilakukan pengukuran oleh Badan Pertanahan Nasional untuk menerbitkan sertifikat hak milik atas tanah warga transmigran di dusun tiga Desa Pagar Agung. “Ini merupakan penantian sejak 8 tahun yang lalu, hari ini kita sampaikan SK transmigran pengganti yang kemudian akan diproses oleh BPN untuk diterbitkan sertifikat tanahnya. Ini juga cerminan kegotongroyongan kita baik Kades dan perangkatnya, Pemerintah Daerah sampai dengan Badan Pertanahan Nasional,” sampai bupati.

Bupati berharap dengan terbitnya sertifikat nanti warga dapat memanfaatkan lahannya untuk kegiatan yang produktif.

“Saya berharap lahannya digarap sebaik mungkin, jangan sampai dijual. Sertifikatnya juga dijaga dengan baik dan lahannya diberi batas. Sehingga bisa diturunkan ke anak cucu nantinya,” papar bupati.

Sementara itu, Kades Pagar Agung Herman Swi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepahiang yang telah memberikan perhatian kepada warga desa Pagar Agung.

“Saya atas nama masyarakat desa Pagar Agung mengucapkan terima kasih yang tak hingga kepada Bupati Kepahiang atas perhatiannya kepada warga kami. Tentunya kami akan menjaga dan memanfaatkan lahan tersebut dengan sebaik mungkin,” tutur Herman. (doni)