Warga Serbu Kantor Disperindagkop UKM Kaur

DATANGI: Tampak beberapa warga saat mendatangi kantor Disperindagkop UKM Kaur untuk mengusulkan bantuan, Senin (11/1).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Beberapa hari terakhir ini sejumlah warga di Kabupaten Kaur mulai mendatangi kantor Dinas Koperasi UKM perindustrian dan perdagangan (Disperindagkop UKM) Kaur. Kedatangan warga ini terkait dengan meminta diusulkan sebagai penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro -Usaha Micro Kecil Menengah (BPUM-UMKM) yang di kucurkan pemerintah sebesar Rp 2,4 juta beberapa waktu yang lalu. Sehingga warga meminta nama yang belum dapat alokasi bantuan UMKM Covid itu diusulkan oleh OPD yang bersangkutan.

“Kami menanyakan terkait dengan bantuan itu minta usulkan siapa tau dapat,” kata Yanto (45) warga Kecamatan Maje, Senin (11/1).

Dikatakannya, banyak warga di desanya dan di kecamatannya yang mendapat bantuan dana tunai itu disalurkan ke rekening masing masing setelah mendapat pemberitahuan dari BRI sebagai bank penyalur. Nah rupanya warga ini mengusulkan diri bahkan ada yang diusulkan beberapa waktu yang lalu. Sehingga mereka berharap agar nama-nama mereka ikut pula diusulkan oleh OPD yang bersangkutan.

“Kita berharap kita diusulkan kami sudah membawa berkas surat keterangan usaha, copy KTP dan juga foto bersama dengan tempat usaha,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskop UKM Perindag Kaur Agusman Efendi SE MSi, memembenarkan bila beberapa waktu yang lalu pihaknya mengusulkan UMKM di Kabupaten Kaur menerima kucuran PUMP. Nah masalahnya saat ini pendaftaran BPUMP itu belum dibuka kembali. Sehingga kalaupun nama-nama masyarakat dikumpulkan portal pengusulan belum juga dibuka. “Pendaftarannya belum di buka kami belum menerima petunjuk lebih lanjut,” terangnya.

Ditambahkannya, data yang diterima oleh pihaknya mencatat, sebanyak 3012 lebih warga Kaur mendapat kucuran bantuan berupa uang tunai BPUMP. Terhitung pada akhir tahun 2020 lalu sudah teregistrasi sebanyak dua tahap dengan total penerima sebanyak 3012 penerima bantuan di Kabupaten Kaur berkaitan dengan wabah Covid-19 rekening masing-masing sebesar Rp 2,4 juta.

“Bantuan yang disalurkan ke rekening BRI itu dapat dicek warga yang sudah mengajukan permohonan dengan mengklik tautan http://efrom.bri.co.id/bpum menggunakan handpone kemudian menginput NIK,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*