Warga Seluma Rasakan Manfaat BTS

Selain BTS, Seluma juga sudah dipasangi CCTV di 10 titik lokasi saat diperlihatkan Kadis Kominfo Seluma.

TAIS, bengkuluekspress.com – Bertahap tapi pasti, aksesibilitas telekomunikasi di Kabupaten Seluma mulai dirasakan manfaatnya oleh warga Seluma. Setelah tiga Base Transceiver Station (BTS) rampung dilakukan pemasangannya, sehingga tidak ada lagi desa di Kabupaten Seluma yang tidak dapat sinyal.

“Tiga BTS sudah selesai di pasang dan telah dirasakan manfaatnya oleh warga. Namun satu lokasi BTS Lubuk Resam masih dalam proses mengingat material BTS memang telat sampai ke lokasi,” tegas Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Seluma, H Hendarsyah SIP MT, kepada wartawan.

Dijelaskan, komponen untuk pembangunan BTS merupakan bantuan BAKTI dari Kementerian Kominfo dalam program Indonesia merdeka sinyal. Yang dipasang pada empat desa seperti Giri Nanto, Simpu Ijang dan Sekalak. Hanya saja, satu kecamatan Lubuk Resam masih dalam proses. Serta manfaat dari BTS ini sejumlah warga sekitaran lokasi sudah mendapatkan rasa manfaat untuk menghubungi keluarga dan sanak famili yang berada di luar desa.

“Lihat saja langsung antusias warga dalam menggunakan Ponsel genggamnya,” pungkasnya.

Dijelaskan, komponen untuk membangun BTS dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika tiba di kantor Dinas Kominfo Kabupaten Seluma. Komponen terdiri dari menara BTS, transmisi, Catu daya(VDC) dan perlengkapan BTS lainya. Komponen tersebut langsung dilakuan pendataan dan pemisahan, untuk selanjutnya dibawa ke desa yang sudah dipilih sebagai lokasi dibangun BTS.

“Terwujudnya pembangunan BTS Bakti Sinyal tersebut merupakan cita-cita BAKTI Kemkominfo untuk meningkatkan aksesibilitas telekomunikasi di seluruh Indonesia secara langsung. BAKTI juga akan meningkatkan akses informasi berbentuk digital. Sehingga pembangunan BTS tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” sampainya.

Di sisi lain, sebanyak 10 unit CCTV atau kamera pengawas di sejumlah titik telah terpasang di Kabupaten Seluma. CCTV terpasang di titik lokasi seperti di Persimpangan Pemkab Seluma, Simpang Enam, hingga ke kawasan jalan Merdeka kelurahan Pasar Tais.

Saat ini seluruh CCTV tersebut telah selesai dipasang dan telah beroperasi, untuk memantau dan merekam aktivitas yang terjadi di jalan raya. Rekaman gambar CCTV juga langsung terhubung ke kantor Dinas Kominfo Kabupaten Seluma, agar bisa langsung dilakukan pemantauan. Juga tersedia monitor dalam ukuran 70 inchi agar bisa stand by di cek. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*