Warga Seluma Keluhkan Pelayanan Disdukcapil

MENUNGGU: Salah seorang masyarakat sampai tertidur karena harus menunggu lamanya pelayanan.

TAIS, bengkuluekspress.com – Akhir-akhir ini, warga Seluma sangat mengeluhkan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seluma. Pasalnya warga yang datang merasa kecewa dengan pelayanan yang diberikan, setelah Nomor Induk Keluarga (NIK) mengalami kesalahan. Bahkan warga pun datang berulang kali ke Disdukcapil, namun tidak sesuai harapan, bahkan untuk mengharapkan perbaikan warga kerap seharian di Disdukcapil Seluma.

“Segala persyaratannya yang dibutuhkan untuk mengubah NIK sudah dibawa. Bahkan seringkali ke Capil juga tidak membuahkan hasil untuk mengubah NIK itu,” tegas warga Talo, Zovi Arianty.

Bukan itu saja, keluhan atas pelayanan ini juga disampaikan oleh Andes (29) warga Desa Simpang Tiga Pagar Gasing, Kecamatan Talo. Andes yang datang ke Didukcapil Seluma menemani istrinya mengurus perpindahan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Petugasnya bilang, alasan petugasnya syarat belum lengkap. Padahal seluruh persyaratan sudah disampaikan. Sampai Jumat siang ini, belum juga ada kejelasan, masih menunggu di sistem kata petugasnya,” kata Andes, kepada wartawan.

Pantauan BE, aktivitas Disdukcapil Seluma tampak cukup padat. Sebagian besar warga yang datang di Disdukcapil mayoritas menunggu untuk perubahan dan perbaikan kesalahan dari NIK dan nama di KTP. Dengan fasilitas yang ada, warga sempat tidur-tiduran di kursi depan kantor Dinas Dukcapil Seluma. Pemandangan warga yang tidur menunggu pelayanan ini bukan terlihat satu orang, namun juga terdapat warga yang lain yang rela tidur di kursi menunggu kabar proses pengurusan Adminduk ini.

Dari sisi pelayanan, Dinas Dukcapil Seluma masih dikeluhkan oleh masyarakat, karena masih lambannya proses pelayanan, ditambah lagi sistem jaringan yang kerap gangguan dan kerusakan pada alat perekam.

“Pelayanan Dinas Dukcapil Seluma sangat tidak memuaskan. Karena ada yang lebih 4 bulan belum bisa merubah kesalahan pada NIK dan salah tulis. Masyarakat sudah sangat sering datang, bahkan ada yang datang lebih dari 6 kali, tapi KTP juga belum selesai. Alasan mesin rusak lah, atau jaringan gangguan. Mau sampai kapan?” keluh Andes.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Seluma, Irzani MSi, menegaskan pelayanan Dukcapil Seluma ada beberapa cara. Lewat tatap muka langsung, masyarakat datang langsung ke Dukcapil mengantarkan persyaratan, syarat lengkap langsung diproses dan selesai diserahkan lagi ke masyarakat. Kemudian ada juga yang bermasalah, misal, NIK atau nama beda, maka prosesnya sedikit lebih lama. Mengingat bukan kita saja yang terdapat kesalahan dan satu persatu akan diproses dan disampaikan ke pusat.

“Untuk perbaikan kesalahan pada NIK dan salah tulis ini memang butuh waktu lama, karena akan disampaikan dan menunggu proses di pusat,” sampainya.

Menurut Irzani, agar warga tidak berlama-lama di Capil, warga bisa mengirimkan persyaratan lewat WA ke Pelayanan Dukcapil Seluma. Syaratnya lengkap, on proses, kemudian selesai dokumen bisa langsung diambil oleh warga atau kita kirim via email untuk dicetak sendiri di rumah.

“Untuk pelayanan kita tetap akan maksimal dan tidak pernah menelantarkan warga. Namun memang terkadang sudah disampaikan jika butuh proses dan waktu. Kita akan tetap berbuat yang terbaik,” pungkasnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*