Warga RW 3 Sukarami Senam Germas

Senam Germas (2)
IST/Bengkulu Ekspress
Ratusan warga RW 03 Kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar Kota Bengkulu melakukan Senam Germas, kemarin (11/9).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sekitar 200 warga RW 03 Kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar Kota Bengkulu melakukan Senam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di depan Rumah Ketua RW 03 pada Selasa pagi (11/9). Kegiatan senam ini digelar dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam sekaligus mendukung program pemerintah dalam kampanye pentingnya kesehatan masyarakat.

Ketua RW 3 Kelurahan Sukarami Kota Bengkulu, Pisdi Muhrim MH mengatakan, pihaknya menggelar senam bersama sebagai wujud mendukung Germas, sekaligus menyambut tahun baru Islam. Hasilnya, mulai dari komunitas senam dan ratusan warga dari 6 RT ikut memeriahkan senam massal tersebut.

“Kami lakukan senam Germas dengan tujuan mendukung program Pemerintah Provinsi Bengkulu,” kata Pisdi.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Bengkulu sedang gencar mengkampanyekan pentingnya kesehatan masyarakat, salah satu program yang sedang dikampanyekan adalah Germas. Melalui Program Germas, tindakan atau kegiatan masyarakat dapat tersusun secara sistematis dan terencana dengan melibatkan seluruh komponen bangsa Indonesia dengan kesadaran, kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan produk yang berkualitas agar dapat membantu masyarakat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Kami juga mengedukasi masyarakat untuk mulai berperilaku sehat. Misalnya, dengan sarapan bergizi sebelum berkatifitas, rutin minum air putih setiap hari, menjaga lingkungan sehat, dan rutin memeriksa kesehatan,” terang Pisdi.

Selain itu, pihaknya juga mendukung Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu untuk mendorong keaktifan masyarakat khususnya ibu dan anak agar berkunjung ke Posyandu dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Hal merupakan upaya preventif untuk mendeteksi dini penyakit yang ada di tubuh agar dapat segera dilakukan pengobatan dan pencegahan penyakit untuk berkembang.

“Permasalahan kesehatan dapat berdampak terhadap produktivitas sumber daya manusia, bahkan kualitas generasi bangsa. Oleh karena itu, guna meningkatkan pembangunan sosial dan ekonomi bangsa, masyarakat Bengkulu harus memiliki pola hidup yang sehat terlebih dahulu,” tutup Pisdi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, H Herwan Antoni MKes mengapresiasi kegiatan senam Germas yang telah dilakukan oleh masyarakat Kota Bengkulu. Kegiatan senam yang telah dilakukan tersebut merupakan langkah yang baik, karena saat ini permasalahan kesehatan banyak diakibatkan dari pola hidup masyarakat yang kurang sehat.

“Memang saat ini dengan kemajuan teknologi dan lain-lain, orang cenderung maunya diam, lebih kebanyakan duduk, kemana-mana enak naik motor dan lain-lain, aktifitas fisiknya pun cenderung berkurang, jadi semakin orang kurang beraktifitas fisik maka ke depan penyakitnya sudah mulai menumpuk,” jelas Herwan.



Selain aktifitas fisik, masyarakat juga didorong untuk memanfaatkan tanah pekarangannya untuk menanam sayur-sayuran dan buah paling tidak untuk konsumsi sendiri.

“Tentunya dengan menanam sayur dan buah di pekarangan diharapkan konsumsi masyarakat terhadap sayur dan buah lebih meningkat, karena beberapa penyakit seperti stroke, diabetes, jantung bisa diakibatkan karena kurangnya konsumsi sayur dan buah,” tutupnya.(999)