Warga RW 003 Timur Indah Gelar Upacara HUT RI

APRIZAL/Bengkulu Ekspress : Warga di lingkungan RW 003 ikut memperingati HUT RI dengan menggelar upacara pengibaran bendera di lapangan terbuka, Jumat (17/8/2018).
APRIZAL/Bengkulu Ekspress : Warga di lingkungan RW 003 ikut memperingati HUT RI dengan menggelar upacara pengibaran bendera di lapangan terbuka, Jumat (17/8/2018).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-73 tahun 2018 ini, bukan saja diadakan instansi pemerintah. Warga ditingkat Rukun Tetangga (RT) 06, 07 dan 08, RW 003 Timur Indah, Kelurahan Timur Indah, Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu, ikut memperingati HUT RI dengan menggelar upacara pengibaran bendera. Upacara digelar di lapangan terbuka, Jalan Timur Indah Kompleks BTN Pemda Jumat (17/8/2018).

Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai inspektur upacara Ketua RW 003 Syamsul Bahri, diikuti hampir seluruh warga di lingkungan RW 003 yang menaungi tiga RT sekaligus yakni RT 06, RT 07 dan RT 08. Baik orang tua maupun anak-anak ikut serta dalam kegiatan ini. Meski berpakaian sederhana, namun peserta upacara mulai anak kecil hingga kakek nenek, tampak hikmat mengikutinya.

Ketika ditemui Bengkulu Ekspress usai upacara, Ketua RW 003 Syamsul Bahri mengatakan, upacara Kemerdekaan RI ke-73 ini digunakan warga sebagai momentum untuk lebih memaknai perjuangan para pahlawan kemerdekaan untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Kegiatan ini terutama ditujukan untuk membangun kebersamaan warga. Termasuk menumbuhkan semangat kebangsaan di kalangan anak-anak,” kata Syamsul, Jumat (17/8/2018).

Ia menjelaskan, warga RW 003 sudah mempersiapkan kegiatan ini jauh hari sebelumnya. Mereka mempersiapkan segala peralatan upacara secara bergotong royong. “Ada yang menyiapkan tiang bendera, pengeras suara, dan lain-lain,” jelasnya.

Syamsul berharap kegiatan ini akan terus bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang. Dengan adanya kegiatan peringatan kemerdekaan, warga menjadi lebih sering bertatap muka dan berkomunikasi. Sehingga keakraban dan silaturahim antar warga menjadi semakin baik.

Sementara itu, Ketua RT 07, Hendrik SKM mengatakan, dirinya sangat senang bisa terlibat langsung dalam upacara bendera tersebut. Sebagai masyarakat, menurutnya memang sudah seharusnya mengikuti kegiatan upacara bendera tersebut.

“Saya senang sekaligus merasa terharu bisa ikut upacara ini, selain itu, kegiatan upacara ini menambah rasa kecintaan kami terhadap Indonesia,” pungkasnya.(cw1/krn)