Warga RL Mulai Nikmati BPNT

Ary. Launching BPNT (1)
ARY/Bengkulu Ekspress
Penyerahan BPNT secara simbolis yang disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Rejang Lebong pada launching program BPNT di lapangan Setia Negara Curup Jumat (25/5) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Masyarakat Rejang Lebong Provinsi Bengkulu mulai menikmati Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Hal tersebut ditandai dengan kegiatan launching yang dilaksanakan di Lapangan Setia Negara Curup Jumat (25/5) kemarin.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, Zulfan Effendi SSos MM menjelaskan, jumlah penerima BPNT di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu sebanyak 17.061 Keluar Penerima Manfaat (KPM). Jumlah tersebut berkurang dari jumlah yang ditentukan oleh pemerintah pusat untuk Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 18.455 KPM.

“Setelah kita lakukan verifikasi, dari kuota yang kita terima sebanyak 18.455 KPM, yang dinyatakan lolos verifikasi sebanyak 17.061 dan mereka ini yang mulai menikmati BPNT,” sampai Zulfan.

Kemudian menurut Zulfan sebanyak, 1.393 KPM lainnya, menurut Zulfan tidak terverifikasi dikarenakan beberapa faktor mulai dari pindah alamat, sudah meninggal dunia bahkan ada yang tidak ditemukan oleh tim verifikasi.

Lebih lanjut Zulfan menjelaskan, mereka yang menerima BPNT ini adalah terdiri dari data penerima program keluarga harapan (PKH) sebanyak 12.206 KPM dan data non PKH sebanyak 6.249 KPM. Para penerima BPNT ini tersebar di 152 desa dan kelurahan di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Bantuan yang diberikan tersebut dalam bentuk beras dan telur, penyaluran tersebut dilakukan melalui 10 e-Warong yang sebelumnya telah didirikan di Kemensos RI, kemudian di 9 RPK dan 46 agen BRILink yang ada di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

“BPNT dalam bentuk beras dan telor dengan nilai sebesar Rp 110 ribu setiap bulannya dan dibayar setiap tanggal 25 setiap bulannya,” jelas Zulfan.

Dalam kesempatan tersebut, Zulfan mengungkapkan kemungkinan besar para penerima BPNT tidak memenuhi kriteria lagi. Karena memang data yang digunakan adalah data tahun 2011 lalu. Oleh karena tu, menurut Zulfan kedepannya data penerima BPNT ini akan dievaluasi sehingga yang menerimanya benar-benar yang layak.

Sementara itu, Pemimpin Cabang BRI Kanca Curup, Teguh Rahadian dalam sambutannya menjelaskan, dalam mensukseskan program BPNT ini, BRI Kanca Curup akan menyiapkan sebanyak 313 agen BRILink yang akan dijadikan lokasi penyaluran BPNT di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. “BPNT ini dikeluarkan pemerintah, karena saat semua bantuan dalam bentuk non tunai melalalui perbankan,” sampainya.

Dimana dalam BPNT ini, beras yang diberikan adalah beras kualitas premium dari Bulog Sub Divre Rejang Lebong. Dengan adanya BPNT tersebut, Teguh berharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Di sisi lain, Wakil Bupati Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, H Iqbal Bastari SPd MM berharap BPNT ini bisa tepat sasaran sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah pusat. Ia berharap BPNT ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga nantinya jumlah penerima BPNT ini terus bekurang. “Saya berharap, bagi yang ekonominya sudah meningkat dan tidak layak untuk mendapatkan lagi bisa diberikan kepada orang lain,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup menjelaskan ada 14 indikator untuk mengukur tingkat kemampuan ekonomi masyarakat diantaranya lantai rumahnya masih tanah, dinding pelupuh, tidak memiliki pendapatan tetap dan lainnya.

Penyaluran BPNT Rejang Lebong Provinsi Bengkulu kemarin ditandai dengan penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera oleh Wakil Bupati Rejang Lebong Provinsi Bengkulu kemudian dilanjutkan dengan penyerahan paket beras dan telur kepada sejumlah penerima BPNT di Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.(251)