Warga Rejang Lebong Diminta Waspada Tiga Bencana

-foto Kepala Pelaksana BPBD Rejang Lebong M Budianto

CURUP, bengkulu ekspress.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong meminta masyarakat Rejang Lebong mewaspadai bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Kepala Pelaksana BPBD Rejang Lebong M Budianto ST MT mengungkapkan, ada tiga bencana yang bisa terjadi di Rejang Lebong saat ini. Yaitu gempa, angin kencang dan kebakaran.
“Saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau yang perlu diwaspadai oleh masyarakat kita adalah angin kencang dan kebakaran hutan, serta satu lagi gempa karena beberapa hari lalu kita sempat diguncang dua kali gempa,” terang Budianto saat dikonfirmasi BE, Senin (24/8).

Budi berharap, selain waspada, masyarakat Rejang Lebong juga berperan untuk melakukan pencegahan dari dampak ketiga bencana tersebut, seperti untuk kebakaran hutan, masyarakat diminta untuk bijak saat membuka lahan salah satunya dengan cara tidak melakukan kegiatan pembukaan lahan pertanian dengan cara membakarnya.
Kemudian untuk mengantisipasi dampak dari angin kencang, ia berharap masyarakat bisa mengecek kontruksi atau kondisi bangunan rumah terutama bagian atap, bila ada yang sudah tidak bagus lagi ia harap bisa segera diperbaiki.
“Saat angin kencang yang paling rentan terkena dampaknya adalah bagian atap rumah, sehingga sebaiknya kita cek kondisi atap kita sehingga bisa meminimalisir dampak dari angin kencang yang terjadi,” harap Budi.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*