Warga Miskin Terbantu Dana PKH

DSC00825PUT, BE – Sebanyak 352 KK (Kepala Keluarga ) dari 7 desa 3 Kelurahan Kecamatan Kota Padang, mencairkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) Senin (13/10).   Pengambilan dan pencairan dana tersebut di Kantor Pos Cabang Desa Taba Tinggi Kecamatan  Padang Ulak Tanding.
Pengambilan dan pencairan dana PKH tahap 3 dimulai Senin hingga Jumat (17/10) mendatang.  Nominalnya pun bervariasi dari Rp 125 ribu hingga Rp 500 ribu.  Berdasarkan data yang diterima masing-masing keluarga yang dikategorikan sangat miskin dan mempunyai tanggungan anak sekolah, para penerima dana PKH sangat terbantu.
Salah seorang warga Desa Kota Padang Baru Kecamatan Kota Padang Surwarni (40) yang mempunyai 2 orang anak yang masih bersekolah di bangku Sekolah Dasar (SD ) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengatakan sangat terbantu dengan adanya dana bantuan dari Pemerintah Pusat melalui dana PKH. Sebab, ia masih mempunyai tanggungan anak sekolah.
”Untuk membiayai kehidupan sehari-hari, kami sangat kesulitan.   Apalagi kondisi kami hanya bisa mencari napkah satu orang, yaitu sang suami,” kata Suwarni.
Hal senada disampaikan oleh Mahdalena (35) warga Dusun Baru Kota Padang yang masih tinggal di kebun.  Ia sangat terbantu dengan adanya dana PKH karena dengan adanya dana PKH tersebut, uangnya bisa dibelikan keperluan sekolah anak.
Kepala Kantor Pos Cabang PUT Muhapril ditemui BE mengatakan bahwa pengambilan dan pencairan dana PKH tahap ketiga berlangsung aman dan lancar.
Dari pantauan BE di kantor pos Cabang PUT, terlihat pegawai kantor pos harus menggunakan bahasa setempat (bahasa daerah Lembak) untuk menjelaskan data yang masuk seperti dana yang tahap ketiga tidak sama dengan dana yang tahap pertama dan pegawai pos juga kesulitan banyak warga yang tidak bisa buat tanda tangan dan harus menggunakan cap jempol dikarenakan banyak warga yang buta aksara .(222)