Warga Minta Irigasi

Jefry/Bengkulu Ekspress-Waka II DPRD Seluma saat menampung aspirasi warga, kemarin
Jefry/Bengkulu Ekspress-Waka II DPRD Seluma saat menampung aspirasi warga, kemari

ILIR TALO, Bengkulu Ekspress – Masyarakat Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo saat ini butuh irigasi pertanian. Pasalnya, di Talang Kabu dan sekitarnya saat ini belum ada irigasi pertanian. Sehingga mereka mengandalkan tadah hujan untuk mengolah sawah mereka.

“Sebagian besar masyarakat meminta agar Pemkab Seluma melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait bisa membangun embung. Kemudian setelah embung berhasil dibangun dan bisa menampung air, dibuatkan irigasi ke sawah milik masyarakat di Desa Talang Kabu,” tegas Waka I DPRD Seluma, Ulil Umidi SSos, Msi kepada wartawan.

Untuk saat ini lokasi persawahan milik masyarakat di Desa Talang Kabu sendiri jumlahnya mencapai ratusan hektar. Namun mereka hanya bisa mengolah sawah dengan mengandalkan air hujan. Jika Pemkab Seluma melalui OPD terkait bisa membuat embung dan irigasi.

Diharapkan bisa membantu masyarakat untuk mengolah sawah mereka. Selain mengusulkan pembuatan embung dan irigasi. Masyarakat Desa Talang Kabu juga mengusulkan agar segera dilakukan penyelesaian pengaspalan jalan hotmix di Desa Talang Kabu saat ini. Karena masih ada ruas yang belum diselesaikan “Untuk penyelesaian pengaspalan kami minta agar tahun ini segera diselesaikan,” tegas Ulil.

Lebih lanjut, Waka I DPRD Seluma mengatakan usulan masyarakat ini akan diteruskan ke Pemkab Seluma melalui OPD terkait. Kemudian jika memungkinkan, akan diusulkan dalam APBD perubahan tahun 2018 ini. Jika tidak mencukupi anggaran, akan diprogramkan dalam APBD tahun 2019 nanti. Yang jelas aspirasi masyarakat akan diperjuangkan oleh DPRD Seluma. Agar segera direalisasikan. ” Karena ini sifatnya kepentingan masyarakat banyak, serta untuk menunjang kehidupan mereka, apalagi soal irigasi berkaitan dengan ekomoni masyarakat. Jadi akan kami perjuangkan,” pungkasnya. (333)