Warga Kurban 711 Ekor

sapi-qurban
Foto : IST

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Masyarakat di Kabupaten Mukomuko pada tahun 2018 ini, berkurban sebanyak 711 ekor sapi, kambing dan sejenisnya.

“Hari Idul Adha Tahun 2018 ini, sebanyak 711 ekor hewan yang akan dikurbankan,”ungkap Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, H Widodo.

Ratusan hewan itu dan berdasarkan catatan Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di daerah tersebut dengan rincian sapi, 518 ekor, kerbau 29 ekor dan kambing 164 ekor. Untuk jumlah kecamatan terbanyak jumlah hewan kurban di Kecamatan Penarik sebanyak 84 ekor. Kendati demikian, kata Widodo, jumlah tersebut tidak menutup kemungkinan bertambah.

Karena biasanya ada instansi, dinas, kantor, sekolah atau bahkan yayasan yang melaksanakan pemotongan sendiri hewan kurban. “Biasanya juga ada desa atau warga secara pribadi yang melaksanakan pemotongan hewan kurban di rumah dengan memotong dan membagikan sendiri atau tanpa melibatkan atau menyerahkan ke panitia kurban,”bebernya.



Widodo mengimbau, kepada seluruh panitia khususnya warga yang berkurban pada saat penyembelihan mengikuti ajaran agama yang baik dan benar. Serta dalam pembagian daging hewan kurban juga harus dipastikan orang-orang yang berhak sebagai penerima. “Untuk pemeriksaan kesehatan hewan kurban, ada OPD terkait yang turun ke lapangan,”ungkap Widodo. (900)