Warga Kesulitan Cari Air Bersih

IRUL/Bengkulu Ekspress
AMBIL AIR: Salah seorang warga Desa Tanjung Baru saat mengambil air bersih di pancuran air desa setempat, Minggu (22/9).

KINAL, Bengkulu Ekspress– Masyarakat Desa Tanjung Baru Kecamatan Kinal Kabupaten Kaur mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Pasalnya di musim kemarau seperti ini banyak sumur warga kering. Bahkan, meski sumur cukup dalam, namun airnya tetap habis.



“Sejak musim kemarau ini kami kesulitan mendapatkan air bersih untuk masak, dan kami setiap hari harus cari air ke sungai,” ujar Iwan (38), salah seorang warga setempat, kemarin (22/9).

Dikatakannya, sumur-sumur warga di Desa Tanjung Baru dengan kedalaman sekitar 20 meter itu, sumbernya tidak mengalir sejak beberapa pekan terakhir ini. Biasanya jika mata air warga sekitar mendapatkan air meskipun antre. Tidak hanya di Desa Tanjung Baru, namun beberapa desa lainnya juga mengalami kekeringan.“Sejak sumur ini kering, warga mencari ke sumur atau pancuran yang masih terdapat sumber air. Biasanya jaraknya sekitar dua kilometer kalau berjalan kaki dengan membawa jerigen untuk mengambil air,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Kinal Drs Sinarudin ketika dikonfirmasi mengakui jika beberapa waktu terakhir ini warga di beberapa desa kesulitan mendapatkan air bersih. Juga pada musim kemarau, biasanya ada warga yang menjual air yang diambil dari sumur dengan menggunakan mesin pompa air.“Warga ini kadang beli air untuk masak, kalau untuk mandi biasanya ke sungai, dan itu pun jaraknya jauh, dan kalau mandi itu banyak kesungai. Kita harap hujan dapat segera turun,” tandasnya.(618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*