Warga Keracunan Berangsur Sembuh

Sebagian korban keracunan masih dirawat di RSUD Arga Makmur, senin (17/2).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang mengalami keracunan makanan mulai membaik, dan sudah beberapa korban diperbolehkan pulang.

“Ya dari total 62 yang terkena keracunan makanan, 51 orang dirawat inap di rumah sakit 11 orang dirawat jalan. Dan hari ini sudah beberapa orang yang boleh pulang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) BU, Syamsul Maarief SKM MKes melalui Kabid P2P, Ujang Ismail SKM MPh, senin (17/2).

Ujang menambahkan keracunan makanan tersebut terjadi terhadap warga hampir di seluruh wilayah Kecamatan Arga Makmur dan Arma Jaya. Warga yang menjadi korban keracunan tersebut diduga setelah memakan nasi ayam bakar yang dibeli secara online dengan harga murah.

Terkait hal tersebut dirinya juga menyampaikan, kasus ini termasuk kedalam kasus luar biasa (KLB). Maka untuk mencegah hal yang sama terjadi, Dinas Kesehatan telah memberikan imbauan kepada setiap Puskesmas untuk melakukan pendataan dan pengecekan terhadap pelaku usaha makanan.

“Pihal kita sudah perintahkan kepada puskesmas-puskesmas di setiap Kecamatan. Agar mendata dan memeriksa semua pelaku usaha makanan, untuk memastikan keamanan dan kesehatan makanan, agar hal sama tidak terulang. Dan masyarakat diimbau agar dapat lebih hati-hati dalam membeli makanan luar. Harus dapat memastikan keamanan dan kesehatan makanan yang dibeli, agar terhindar dari keracunan makanan,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait dengan hasil Sampel makanan yang telah dikirim ke Balai Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu, pihaknya sedang menunggu hasilnya.”Hasilnya paling tidak 2 hingga 3 hari ke depan baru bisa dpastikan apa penyebabnya. Kalau untuk dugaan sementara bakteri yang ada di makanan tersebut,” tukasnya.(127)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*