Warga Gotong Royong Bersihkan Siring

MEDI/BE Warga bergorong royong mengangkut sampah yang menutupi aliran siring.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Tumpukan sampah yang menutupi siring besar di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singgaran Pati, tampaknya semakin parah. Sampah tersebut mulai menyumbat, dan membuat aliran siring berhenti bahkan juga sudah menggangu pengairan persawahan. Agar tidak menyebabkan banjir saat musim penghujan sekarang ini, puluhan warga dari RT 4 dan RT 17 bersama camat, tim URC PUPR kota turun melakukan gotong royong membersihkan siring tersebut.

“Siring ini muara siring-siring lain, sedangkan kondisinya sudah ditutupi sampah dan berdampak pada persawahan di Dusun Besar,” kata Salah Seorang Warga yang Ikut Gotong Royong Sustra Wati kepada BE.

Diketahui, siring yang bermuara di dua wilayah RT ini, siring yang membentang di dua kecamatan, Singaran Pati dan Gading Cempaka. Mulai dari Kelurahan Sidomulyo di kecamatan Gading Cempaka hingga Kelurahan Dusun Besar di Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu.Terlihat air siring tidak lagi mengalir diatas sampah, tapi hanya mengalir disela-sela bawah sampah.

Disampaikan Tokoh masyarakat sekitar, Heri Ifzan SE, yang juga ketua RT 18 Dusun Besar bahwa Pemkot harus menanggulangi persoalan sampah ini dengan tegas sehingga siring ini bisa terpelihara dengan baik. “Minimal dalam menekan masyarakat agar tidak membuang sampah ke siring, tingkatkan sosialisasi kemasyarakat, tegakkan Perda Larangan buang sampah ke siring,” tegas Heri.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala PUPR Kota Bengkulu Noprisman mengatakan pihaknya sudah menurun tim Unit reaksi Cepat ( URC) untuk membantu membersihkan siring tersebut. “Nanti tidak hanya di kecamatan singgaran pati saja, tapi dimana pun ada siring tertumpuk sampah, maka URC akan turun,” imbuh Noprisman. (805)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*